Maksimalkan Sektor Pertanian, Wawako Solok Ajak Petani Manfaatkan Lahan Tidur

"Jangan biarkan lahan kosong begitu saja, tapi mari manfaatkan semaksimal mungkin untuk mendorong produksi hasil pertanian kita"
Wawako Solok minta petani garap lahan tidur (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -- Dari waktu ke waktu, ketersediaan lahan pertanian di kota Solok terus berkurang. Alih fungsi lahan secara perlahan terjadi seiring meningkatnya kebutuhan akan pemukiman dan pertokoan.

Menyikapi hal itu, Wakil Walikota (Wawako) Solok, Reinier meminta masyarakat petani untuk memanfaatkan areal kosong atau lahan tidur sebagai lokasi pertanian. Apalagi, nyaris seluruh lahan di kota Solok masih dalam kategori subur.

"Jangan biarkan lahan kosong begitu saja, tapi mari manfaatkan semaksimal mungkin untuk mendorong produksi hasil pertanian kita," sebut Reinier saat bersilaturahmi dengan kelompok tani Harapan Jaya, Rabu (9/10).

Menurutnya, lahan kosong yang ada di kota Solok secara umum bisa dimanfaatkan untuk lahan berkebun. Banyak jenis tanaman produktif yang bisa diusahakan oleh masyarakat dan meningkatkan ekonomi.

"Kota Solok belum seperti kota-kota besar yang sudah sangat sempit lahan pertaniannya, tapi masih banyak lahan yang bisa kita manfaatkan, tanah kita masih tergolong subur," ucap Reinier memberikan motivasi.

Diakui Reinier, upaya peningkatan kesejahteraan petani memang menjadi salah satu tanggungjawab pemerintah daerah. Pemko Solok melalui Dinas Pertanian terus memberikan dukungan melalui berbagai program yang ada.

Tidak sedikit program yang sudah digulirkan untuk peningkatan kesejahteraan petani. Tidak saja untuk pertanian padi sawah yang memang sudah menjadi brand kota Solok tapi juga sektor pertanian lainnya.

"Kita juga telah mengupayakan pertanian serai wangi dan memproduksi minyak Atsiri. Penanaman areal kosong dengan tanaman buah produktif, hingga pengembangan agrowisata kawasan Payo," terang Reinier.

Sementara itu, Kelompok tani Harapan berharap, pemerintah kota Solok terus mendorong kemajuan pertanian di kota Solok. Kendati berstatus sebagai kota kecil, namun kota Solok memiliki potensi luar biasa dibidang ... Baca halaman selanjutnya