Peserta Diklat Kepemimpinan KLHK Pekanbaru Belajar ke Kota Solok

"Inovasi-inovasi yang dilahirkan oleh OPD sudah diterapkan di organisasi masing-masing, dan terbukti sangat membantu kinerja aparatur maupun masyarakat yang membutuhkan pelayanan"
Wakil Walikota Solok, Reinier, menyerahkan cindera mata pada ketua rombongan Benchmarking Diklat Pim IV KLHK Pekanbaru. (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -- Kota Solok sebagai lumbung inovasi daerah terus menjadi daerah destinasi belajar bagi daerah lain. Kali ini, giliran rombongan Diklat Kepemimpinan tingkat IV Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Pekanbaru melakukan Benchmarking ke kota Solok.

Kedatangan rombongan yang diketuai Kamarudin tersebut diterima wakil walikota Solok, Reinier serta sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kamis (3/10) di Aula Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) kota Solok.

Dalam ekspose terkait Kota Solok, Reinier mengatakan, kota Solok terus berupaya mengembangkan diri dengan menggali berbagai inovasi yang dapat membantu peningkatan kinerja aparatur dan pelayanan terhadap masyarakat.

Inovasi tersebut, ulasnya, lahir dari berbagai ide dan gagasan aparatur di masing-masing OPD. Nantinya, ide dan gagasan itu dilanjutkan dengan pendampingan dalam rapat koordinasi inovasi serta survey dan monitoring kelapangan.

"Dengan ide dan gagasan yang dituangkan dalam bentuk inovasi, membuktikan masing-masing organisasi bekerja dan berusaha untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan terhadap masyarakat," sebut Reinier.

Bahkan, ulas Reinier, untuk mendorong ASN agar aktif berinovasi, pemerintah kota Solok juga menerapkan sistem Reward and Punishmen sebagai bentuk stimulan. Finalnya, inovasi yang lahir dikuatkan dengan ikatan perjanjian kinerja antara penanggungjawab dan kepala daerah.

"Inovasi-inovasi yang dilahirkan oleh OPD sudah diterapkan di organisasi masing-masing, dan terbukti sangat membantu kinerja aparatur maupun masyarakat yang membutuhkan pelayanan," sebut Reinier.

Bahkan, kerja keras dan keseriusan pemerintah kota Solok sebagai daerah lumbung inovasi sudah melahirkan berbagai penghargaan dari pemerintah pusat sebagai bentuk pengakuan dan apresiasi. Termasuk Inagara Award dari LAN-RI.

Sementara itu, ketua ... Baca halaman selanjutnya