Produk Minyak Atsiri Kota Solok Dilirik PT Kimia Farma

"selain dikenal dengan Kota penghasil Beras di Sumatera Barat, ternyata lahan yang ada di Kota Solok juga sangat cocok untuk mendukung pertumbuhan tanaman Serai Wangi."
Wakil Walikota Solok Reinier memperkenalkan produk minyak Atsiri serai wangi kota Solok (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Upaya Pemerintah Kota (Pemko) Solok dalam membuka peluang pemasaran produk minyak atsiri serai wangi kota Solok mendapat respon positif dari berbagai pihak. Salah satunya datang dari pihak PT Kimia Farma yang terkenal bergerak di bidang farmasi atau obat-obatan.

Wakil Walikota (Wawako) Solok Reinier bersama unsur OPD dan petani kota Solok bertemu langsung perwakilan PT Kimia Farma dalam rangka penjajakan peluang minyak atsiri kota Solok sebagai bahan baku industri kimia farma yang bertempat di Gedung rektorat Unand Padang, Jum'at (13/9).

Dalam eksposnya, Reinier mengatakan, selain dikenal dengan Kota penghasil Beras di Sumatera Barat, ternyata lahan yang ada di Kota Solok juga sangat cocok untuk mendukung pertumbuhan tanaman Serai Wangi.

Bahkan, sejak beberapa tahun belakangan jumlah lahan serai wangi di Kota Solok terus meningkat. Hingga 2019, setidaknya sudah ada 60 hektar lahan yang sebelumnya kurang termanfaatkan dijadikan sebagai kebun serai wangi.

"Saat ini, total luas areal kebun serai wangi di kota Solok sudah mencapai kurang lebih 60 Ha, kita menargetkan penambahan sekitar 20 hektar lagi tahun ini dan 60 hektar tahun 2020 mendatang," sebut Reinier.

Berdasarkan hasil penelitian, ulasnya, kandungan Citronella minyak Atsiri serai wangi Kota Solok diatas 35 dan merupakan salah satu yang terbaik di Provinsi Sumatera Barat, bahkan di Indonesia. Hal itu menjadi peluang berharga untuk dimanfaatkan.

Ketua LPPM Unand Dr. Ing Uyung Gatot S Dinata mengatakan pihaknya sengaja memfasilitasi pertemuan itu guna memperkenalkan produk minyak atsiri dari Sumatera Barat, khususnya Kota Solok. Apalagi, kualitas minyak atsiri Kota Solok merupakan yang terbaik di Sumbar.

"Minyak atsiri dari serai wangi dapat dijadikan bahan baku untuk kosmetik, aromaterapi, pengusir nyamuk, dan banyak lagi kegunaan lainnya."Serai Wangi diharapkan dapat menjadi nilai tambah bagi ... Baca halaman selanjutnya