Kota Solok Matangkan Persiapan Penerapan Smart City

"Dengan konsep Kota Cerdas diharapkan dapat membantu masyarakat mengelola sumber daya yang ada dengan efisien, serta memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat"
Wako Solok Zul Elfian Minta seluruh stakeholder dukung penerapan Smart City di kota Solok (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Meningkatkan pemahaman soal implementasi Smart City, Pemerintah daerah bersama Direktorat Layanan Aplikasi dan Informatika Pemerintahan Kemenkominfo-RI menggelar Bimtek pendampingan bagi pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Solok.

Pendampingan Smart City tersebut dibuka langsung Walikota (Wako) Solok Zul Elfian, Senin (9/9) di aula Bappeda kota Solok. Tampak hadir, seluruh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Pimpinan OPD, Camat serta lurah se-kota Solok.

Wako Solok Zul Elfian mengatakan, Smart City merupakan program bersama Kementerian Kominfo, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, dan kantor Staf Kepresidenan.

Gerakan tersebut dilakukan untuk membimbing kabupaten/kota dalam menyusun Masterplan Smart City agar bisa lebih memaksimalkan pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan pelayanan maupun mengakselerasikan segala potensi yang ada.

Dengan konsep Kota Cerdas diharapkan dapat membantu masyarakat mengelola sumber daya yang ada dengan efisien, serta memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat atau lembaga dalam melakukan kegiatannya.

"Kota cerdas itu lengkap dengan infrastruktur dasar, memiliki sistem transportasi yang efisien dan terintegrasi, Kualitas hidup masyarakat terus meningkat, rumah hemat energi, bangunan ramah lingkungan dan memakai sumber energi terbarukan," sebutnya.

Namun menurutnya, untuk mewujudkan Kota Cerdas ini tidak mudah, butuh komitmen dari semua pihak serta perencanaan matang, karena Kota Cerdas merupakan konsep pembangunan 5 tahun yang bertahap dan berkelanjutan dengan ... Baca halaman selanjutnya