Wabup Abdul Rahman: Germas Jangan Sekedar Seremonial

"Pencanangan Germas harus Menumbuhkan kesadaran bersama untuk melakukan pola hidup sehat, bukan sekedar seremonial"
Wabup Solok Selatan Abdul Rahman menandatangani komitmen Germas di Kecamatan Sangir Jujuan Rabu, 28/8 (KLIKPOSITIF/Kaka)

PADANG ARO, KLIKPOSITIF - Wakil Bupati (Wabup) Solok Selatan (Solsel) Abdul Rahman mengatakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) tersosialisasi sampai ke masyarakat dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Pencanangan Germas harus Menumbuhkan kesadaran bersama untuk melakukan pola hidup sehat, bukan sekedar seremonial," Kata Abdul Rahman Saat launching Germas tingkat kabupaten Solok Selatan di Kecamatan Sangir Jujuan Rabu,28/8..

Agar kegiatan ini mencapai sasaran katanya, pemerintah daerah sampai ke tingkat Nagari agar meresponnya dengan pengalokasian anggaran untuk menunjang program tersebut.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Solsel Novirman mengungkapkan akibat kurangnya kesadaran untuk berprilaku hidup sehat, faktor penyebab kematian dewasa ini telah bergeser dari penyakit menular ke penyakit tidak menular.

"Penyakit tidak menular itu seperti diabetes, kolesterol, stroke, darah tinggi, semua itu terjadi karena pola hidup yang tidak sehat", Katanya

Germas imbuhnya diimplementasikan dengan cara Melakukan aktivitas fisik, Mengonsumsi sayur dan buah, Tidak merokok, Tidak mengonsumsi alkohol, Memeriksa kesehatan secara rutin, Membersihkan lingkungan dan Menggunakan jamban.

"Dengan melakukan pola hidup sehat tersebut diharapkan Kesehatan masyarakat akan meningkat, sehingga angka penderita penyakit tidak menular bisa ditekan", Katanya.

Camat Sangir Jujan Mulyadi mengatakan agar Germas diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, pihaknya mengundang seluruh elemen masyarakat saat pencanangan Germas tersebut.

"Ada Lima Nagari di Sangir Jujuan semuanya menyatakan mendukung Germas untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

[Kaka]