Peringati HUT ke-68, IBI Kota Solok Gelar Seminar Kesehatan

"Pelayanan kesehatan merupakan salah satu hal penting yang menjadi perhatian kita semua, terutama soal kesehatan reproduksi bagi ibu hamil dan pasangan usia subur"
Wawako Solok, Reinier membuka seminar kesehatan IBI di Aula Kodim 0309/Solok. (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -- Memperingati Hari Ulang Tahun ke 68, Ikatan Bidang Indonesia (IBI) cabang kota Solok menggelar seminar kesehatan soal reproduksi bagi ibu hamil dan Pasangan Usia Subur (PUS), Sabtu (24/8) di aula Kodim 0309/Solok.

Seminar sehari itu difokuskan pada materi Pencegahan infeksi dalam pelayanan kebidanan yang disampaikan narasumber Farma Yoza dan dampak persalinan dengan metode Hypnobirthing terhadap bayi baru lahir oleh Afridoni Araditha.

Wakil Walikota (Wawako) Solok Reinier yang membuka langsung kegiatan itu berharap, seminar yang dilakukan dapat meningkatkan kompetensi seluruh bidan yang bertugas di kota Solok. Muaranya, pelayanan kesehatan yang diberikan bisa terus ditingkatkan.

"Pelayanan kesehatan merupakan salah satu hal penting yang menjadi perhatian kita semua, terutama soal kesehatan reproduksi bagi ibu hamil dan pasangan usia subur," ungkap Reinier.

Menurutnya, Bidan memiliki peran strategis sebagai ujung tombak dalam peningkatan satus kesehatan ibu dan anak, khususnya kesehatan reproduksi perempuan serta tumbuh kembang bayi dan balita.

Harus diakui, ulas Reinier, Bidan telah sangat banyak membantu masyarakat dan pemerintah daerah dalam menekan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) serta kasus sunting. Bidan merupakan profesi mulia.

”Tanpa peran ibu-ibu semua, tak mungkin kami dapat menjalankan program-program kerja pemerintah daerah di bidang kesehatan, sekarang ini angka kematian ibu dan anak serta stunting semakin menurun,” ungkap Reinier.

Wawako Solok juga mengajak IBI kota Solok untuk meningkatkan kerjasama dengan pemerintah daerah dan instansi terkait, sehingga semua pihak bersama-sama mendorong terwujudnya pelayanan kesehatan yang prima ditengah masyarakat.

"Di samping peningkatan kompetensi, ... Baca halaman selanjutnya