Wawako Solok: Pramuka Asah Karakter Generasi Muda

Wawako Solok Reinier pimpin upacara pembukaan Jambore cabang Pramuka Penggalang kota Solok 2019.
Wawako Solok Reinier pimpin upacara pembukaan Jambore cabang Pramuka Penggalang kota Solok 2019. (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -- Pramuka menjadi salah satu media dalam pembinaan generasi muda yang berdaya saing dan siap menjadi generasi penerus. Pramuka membentuk karakter, kepribadian dan kedisiplinan melalui berbagai kegiatan.

"Di pramuka, generasi muda anggota Pramuka digembleng dibekali dengan wawasan dan keterampilan yang mengasah kemandirian, kejujuran dan kreativitas," papar Wakil Walikota (Wawako) Solok Reinier saat membuka jambore cabang Pramuka tingkat penggalang kota Solok tahun 2019, Kamis (22/8) di Bumi Perkemahan Ampang Kualo.

Kegiatan jambore cabang merupakan salah satu ajang pertemuan besar Pramuka penggalang. Dimana dalam kegiatan tersebut para peserta melakukan kegiatan penambahan wawasan dan menjalin persaudaraan antar sesama anggota pramuka.

Baca Juga

Dihadapan ratusan peserta Jambore, Reinier meminta kepada generasi muda agar secara terus-menerus memupuk jiwa patriotisme, nasionalisme dan semangat untuk membangun kejayaan Republik Indonesia.

“Kalian adalah pemegang tongkat estafet kepemimpinan bangsa di masa yang akan datang, maka dari itu, bekali diri dengan berbagai keterampilan dan pengetahuan” pesan Reinier.

Reinier berharap, Jambore Cabang Pramuka penggalang Kota Solok tahun 2019 ini menjadi sarana belajar dan berkarya yang bermanfaat bagi Pramuka Penggalang. Sekaligus membangun silahturahmi sesama keluarga besar Pramuka.

"Berlatihlah dengan baik, tanamkan semangat juang para pahlawan dan patriot bangsa dalam diri kalian pegang teguh janji Trisatya dan Dasadarma dalam pendidikan sehari-hari anggota Pramuka," tukasnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Badan Narkotika Kota (BNK) kota Solok itu juga mewanti-wanti anggota Pramuka untuk menghindari narkoba, pergaulan bebas dan hal-hal negatif lainnya. Apalagi, tidak sedikit generasi muda kota Solok yang terjerat narkoba.

"Jangan sampai ananda semua, terjebak dengan yang namanya narkoba. Jauhkan diri dari hal-hal yang sifatnya negatif dan fokus mengasah kemampuan dan mengejar prestasi," ajak Reinier.

Jambore kali ini mengangkat tema “Ceria, Kreatif dan Berkarakter” dengan motto “satyaku kudarmakan, darmaku kubaktikan”. Jambore dijadwalkan akan berlangsung selama 4 (empat) hari mulai dari tanggal 22 sampai 25 agustus 2019.

[Syafriadi]

Penulis: Khadijah