Pawai Alegoris Semarakkan Rangkaian HUT ke 74 RI di Kota Solok

Meriah, Wako Zul Elfian dan Wawako Reinier serta undangan disuguhi atraksi oleh Drumband peserta pawai
Meriah, Wako Zul Elfian dan Wawako Reinier serta undangan disuguhi atraksi oleh Drumband peserta pawai (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -- Pawai alegoris, kebudayaan dan pembangunan menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu masyarakat dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia setiap tahunnya.

Seperti pawai yang dilakukan di kota Solok, Minggu (18/8). Ribuan masyarakat berbondong-bondong untuk bisa menyaksikan secara langsung berbagai karya unik dan pertunjukan yang memang sudah disiapkan jauh-jauh hari.

Tahun ini, Pawai alegoris dan pembangunan kota Solok dimulai dari lapangan merdeka. lanjut ke Taman Syech Kukut - Pasar Raya Kota Solok-Simpang SMA Muhammadiyah - SMPN 2 Kota Solok - Kampung Baru - Sawah Sianik serta finish di Lapangan Merdeka.

Baca Juga

Sementara itu, panggung kehormatan dialokasikan persis di depan Bank Nagari Cabang Solok. Turut menghadiri Walikota Solok, H. Zul Elfian, Wawako Reinier, Wakil ketua sementara DPRD kota Solok Efriyon Coneng, Unsur Forkompinda dan OPD.

Iring-iringan pawai diawali mobil Patwal Kepolisian dan mobil Humas, peserta pawai tidak hanya dari Dinas atau OPD dilingkungan Pemko Solok, namun juga ada dari sekolah, masyarakat kelurahan dan instansi lainnya.

Kendati cuaca sangat panas, namun tidak mengurungkan niat masyarakat untuk berjejer dipinggir jalan menyaksikan dengan mata kepala sendiri, semaraknya peringatan HUT ke 74 RI tingkat kota Solok.

Sesuai dengan namanya, Pawai alegoris, budaya dan pembangunan kemerdekaan RI, tampilan hal-hal berbau perjuangan bangsa Indonesia di era kolonial Belanda dan Penjajahan Jepang menjadi menu wajib.

Ditambah dengan tema zaman pembangunan orde lama, orde baru hingga zaman mengisi kemerdekaan. Sementara, seluruh kelurahan di kota Solok ambil bagian dalam pawai dengan tema adat masyarakat kota Solok.

Terhadap kegiatan puncak peringatan HUT ke 74 RI di kota Solok itu, Wako Zul Elfian mengaku sangat bangga dengan antusiasme masyarakat dalam memeriahkan agenda tahunan tersebut.

"Alhamdulillah, semua pihak antusias baik OPD, Instansi lainnya, sekolah hingga masyarakat masing-masing kelurahan, semuanya tumpah ruah menyemarakkan HUT-RI di kota Solok," sebut Zul Elfian.

Selain menjadi hiburan tersendiri bagi seluruh elemen masyarakat, pawai alegoris budaya dan pembangunan menjadi salah satu bentuk kecintaan masyarakat terhadap bangsa dan negara.

"Ini merupakan momentum untuk kembali mengenang jasa para pejuang dan pendiri bangsa, bagaimana bersama-sama kita mengisi kemerdekaan ini dengan sebaik-baiknya," sebut Zul Elfian.

[Syafriadi]

Penulis: Khadijah