Siap Tunaikan Tugas, 70 Anggota Paskibra Kota Solok Dikukuhkan

Sekda Kota Solok Rusdianto memasangkan sabuk atau ikat pinggang kepada salah seorang perwakilan Paskibra sebagai tanda pengukuhan
Sekda Kota Solok Rusdianto memasangkan sabuk atau ikat pinggang kepada salah seorang perwakilan Paskibra sebagai tanda pengukuhan (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF – Setelah melalui proses seleksi dan latihan yang ketat, Sebanyak 70 pelajar SLTA dan sederajat Kota Solok resmi dikukuhkan menjadi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kota Solok tahun 2019.

Nantinya, putra-putri akan menjalankan tugas penting untuk mengibarkan bendera merah putih pada puncak peringatan detik-detik kemerdekaan Indonesia ke 74 yang bakal dilangsungkan di lapangan Merdeka Kota Solok pada 17 Agustus 2019.

Suasana khidmat mewarnai prosesi pengukuhan yang dilangsungkan di Sporthall Tanjung Paku, Kamis (15/8). Pasukan dengan ciri khas pakaian serba putih dan peci nasioal di bagian kepala itu langsung dikukuhkan Sekretaris Daerah (Sekda) kota Solok, Rusdianto.

Baca Juga

Tampak jelas dalam prosesi tersebut kekompakan dan ketegasan setiap langkah yang diayunkan. Hal tersebut merupakan buah latihan keras dan cerminan kedisiplin yang diasah dalam masa persiapan di lapangan merdeka kota Solok.

Pada kesempatan tersebut, Paskibra Kota Solok juga menunjukkan kebolehan mereka dengan menyuguhkan yel-yel khusus Paskibra. Begitu serempak dan tegas. Pengunjung yang hadir dibuat terpukau.

Sekda kota Solok Rusdianto mengatakan Paskibra memegang peran penting dalam suksesnya pelaksanaan upcara peringatan detik-detik proklamasi yang akan dilaksanakan nantinya, sebab pengibaran bendera menjadi inti penting dalam upacara yang dilakukan.

“Saat upacara, semua mata akan tertuju pada pasukan pengibar bendera, perlu kesiapan mental dan fisik untuk bisa menjadi bagian dari Paskibra, latihannya juga ketat dan penuh disiplin,” ungkap Rusdianto.

Rusdianto berpesan agar Paskibra yang dlantik untuk tetap menjaga kesehatan dan kesolidan jelang menjalankan tugas penting pada 17 agustus nanti. Pihaknya juga mengingatkan agar seluruh panitia HUT RI ke 74 untuk mempersiapkan seluruh rangkaian upacara dengan baik.

Terkhusus untuk paskibra kota Solok tahun 2019, Sekda berharap nantinya bisa menjadi agen dalam menggelorakan semangat cinta tanah air, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat.

“Tularkan semangat cinta tanah air dan kedisiplinan yang didapat dari hasil latihan keras yang sudah dijalani, tunjukkan alam berbagai hal positif baik di sekolah maupun dirumah,” tutupnya.

[Syafriadi]

Penulis: Khadijah