Dinilai Tim Verifikasi, Kota Solok Optimis Pertahankan Swasti Saba Wistara

"penilaian kota sehat yang dilakukan tim Verifikasi bukanlah sebatas soal penghargaan"
Sekda Kota Solok, Rusdianto mendapingi tim verifikasi kota Sehat di Klinik Tumbuh Kembang Anak, Kota Solok. (Humas Protokol dan Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF – Berbekal berbagai inovasi di bidang kesehatan, Kota Solok optimis untuk kembali mempertahankan penghargaan Swasti Saba Wistara dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) yang sebelumnya berhasil diraih beruturut-turut pada tahun 2017 dan 2015 lalu.

“Jauh-jauh hari sebelum penilaian, Pemerintah Kota (Pemko) Solok bekerjasama dengan Forum Kota Sehat telah melakukan berbagai inovasi dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat, kita optimis bisa pertahankan,” ungkap Wako Solok melalui Sekda, Rusdianto saat menerima tim verifikasi kota Sehat, Rabu (7/8) di Klinik Tumbuh Kembang anak.

Menurut Sekda, pembangunan sektor kesehatan masyarakat memang sudah menjadi prioritas pemerintah kota Solok. Sejumlah inovasi dan pembenahan terus dilakukan demi perpenuhinya derajat kebutuhan masyarakat.

Jika dilihat lebih jauh, ulasnya, penilaian kota sehat yang dilakukan tim Verifikasi bukanlah sebatas soal penghargaan, Namun sejatinya, kementrian kesehatan ingin mendorong seluruh daerah untuk betul-betul konsisten dalam pembangunan kesehatan.

Hal itu tergambar jelas dalam tatanan penilaian Kota Sehat yang meliputi ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, kawasan pariwisata sehat, kawasan industri dan perkantoran sehat, kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, kawasan pemukiman, sarana dan prasarana umum, kehidupan sosial yang sehat, serta hutan yang sehat.

“Pada dasarnya, Penilaian kota/kabupaten Sehat menjadi salah satu upaya Pemerintah pusat dalam mendorong seluruh daerah di Indonesia secara bertahap betul-betul menjadi kota/kabupaten yang sehat,” jelas ... Baca halaman selanjutnya