Wako Solok Ajak ASN dan Masyarakat Rutinkan Puasa Sunnah

"Mungkin saat ini masih banyak yang belum melaksanakan ibadah puasa Sunah hari Senin, tapi kita akan terus berupaya untuk mengajak ASN dan Masyarakat untuk membiasakan diri, bagi yang belum"
Jadi Agenda Rutin, Wako Solok Zul Elfian berbuaka puasa sunnah Senin bersama ASN dan masyarakat di Rumah Dinas (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Ibadah puasa sunnah menjadi kebiasaan rutin yang terus coba ditanamkan Walikota Solok kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah kota Solok. Salah satunya, puasa sunnah hari Senin Kamis.

Sesuai jadwal yang ditentukan, Walikota (Wako) Solok juga kerap berbuka bersama dengan ASN dan juga masyarakat yang berpuasa sunnah setiap hari Senin. Nyaris sudah menjadi agenda rutin kalau memang Walikota tidak ada agenda luar daerah.

Diakui Zul Elfian, kendati memang belum banyak dari kalangan ASN yang terpanggil untuk meruntinkan puasa sunnah Senin Kamis, setidaknya dengan berbuka puasa bersama dan ajakan yang terus dilakukan, lambat laun akan bertambah.

"Mungkin saat ini masih banyak yang belum melaksanakan ibadah puasa Sunah hari Senin, tapi kita akan terus berupaya untuk mengajak ASN dan Masyarakat untuk membiasakan diri, bagi yang belum,” Ungkap Zul Elfian.

Dikatakan pria yang juga karab disapa Buya itu, banyak manfaat yang bisa diambil dan diperoleh dari kebiasaan rutin menjalankan ibadah puasa Senin Kamis. Yang jelas, selain ganjaran pahala, tentu juga ada manfaat lain.

“Tentu sebagai umat islam, kita sudah tahu dan paham akan manfaat puasa, baik puasa wajib dan puasa sunnah, tinggal bagaimana membulatkan niat dan tekad untuk merutinkan,” terang Zul Elfian.

Selain mencoba menanamkan puasa sunnah hari senin dan kamis, Wako Solok juga sekaligus mengajak ASN dan masyarakat untuk aktif magrib mengaji. Waktu dari magrib hingga isya diisi dengan ibadah sholat dan membaca Al-Quran.

Tentu hal tersebut, papar Zul Elfian harus dimulai secara perlahan dan tidak bisa dipaksakan begitu saja. Kebiasaan baik yang dimulai orang tua akan ditiru oleh anak. Sinari rumah dengan bacaan Al-Quran, biasakan puasa sunnah dan makmurkan Mesjid dengan sholat berjamaah.

Selain keutamaan sebagai ibadah sunnah yang ... Baca halaman selanjutnya