Wawako Solok: Selamatkan Generasi Muda Dari Ancaman Narkoba

"ancaman narkoba harus menjadi perhatian serius semua pihak, tidak saja pemerintah daerah."
Tak Pernah Bosan, Wawako Solok Reinier selalu ingatkan pelajar akan bahaya narkoba. (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF – Persoalan penyalahgunaan dan peredaran narkoba belakangan ini menjadi perhatian serius Pemerintah Kota (Pemko) Solok, terlebih Wakil Walikota (Wawako) Solok, Reinier yang juga merupakan ketua Badan Narkotika Kota (BNK).

Tak jarang, Ketua BNK kota Solok itu ikut terjun langsung dalam mensosialisasikan ancaman dan bahaya dan peredaran gelap narkoba, terutama pada kalangan pelajar di sekolah-sekolah yang ada di Kota Solok.

Menurut Reinier, ancaman narkoba harus menjadi perhatian serius semua pihak, tidak saja pemerintah daerah. Semua komponen harus bergerak seirama terutama dalam upaya pencegahan.

“Kalau kita tidak proaktif mencegahnya, Tentu yang akan menjadi korban adalah anak kemenakan kita bersama, generasi muda kota Solok. Ini tidak bisa kita abaikan begitu saja,” sebut Reinier saat memberikan penyuluhan bagi PIK Remaja, Selasa (6/8) di SMPN 3 kota Solok.

Apalagi, ulas Reinier, jenis narkoba, bentuk hingga modus peredarannya terus berkembang. Hal ini sangat berpotensi menjebak generasi muda secara tidak langsung. Untuk itu, pengetahuan akan hal seperti itu juga harus disadari oleh semua kalangan.

“Ini perlu terus kita ingatkan pada semua pihak, termasuk orang tua yang dalam keseharian bergaul dengan anak. Lakukan pengontrolan dan pengawasan terhadap pergaulan anak,” ingat Reinier.

Selain pengontrolan terhadap pergaulan anak,orang juga harus membentengi anak dengan pengatahuan agama. Dengan begitu, anak paham dengan hal-hal yang dilarang dalam agama, termasuk narkoba dan perilaku mengimpang lainnya. 

Di samping upaya melalui sosialisasi bahaya narkoba, Keseriusan pemerintah kota Solok dalam ‘perang’ melawan Narkoba juga terlihat dari pembentukan kampung anti narkoba yang ada di masing-masing kelurahan.

Setidaknya, masyarakat dan ... Baca halaman selanjutnya