Pertama, Pemkab Solsel Gelar Kegiatan Resmi dalam Goa

"Bursa inovasi nagari di dalam goa merupakan sebuah inovasi dan ini mungkin yang pertama kegiatan pemerintah yang dilaksanakan dalam goa"
Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekdakab Solok Selatan Fidel Effendi menjawab pertanyaan Media di sela-sela Kegiatan Bursa Inovasi Desa/Nagari di dalam Goa Batu Kapal Solok Selatan,Rabu (24/7) (KLIKPOSITIF/Kaka)

SOLSEL, KLIKPOSITIF - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok Selatan melaksanakan kegiatan resmi yaitu bursa inovasi nagari klaster II didalam Goa Batu Kapal, Kecamatan Sangir Balai Janggo, Rabu (24/7).

"Bursa inovasi nagari di dalam goa merupakan sebuah inovasi dan ini mungkin yang pertama kegiatan pemerintah yang dilaksanakan dalam goa," kata Kepala Bagian Rantau Biro Kerjasama Pembangunan dan Rantau Provinsi Sumbar Hilma

Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan sejarah dan orang yang berada dalam goa batu kapal saat itu menjadi bagian dari sejarah tersebut.

Bahkan, imbuhnya, kalau perlu didaftarkan untuk meraih rekor MURI sebab belum ada kegiatan pemerintah dilakukan di dalam goa.

Asisten I Setdakab Solok Selatan Fidel Efendi mengatakan, bursa inovasi Desa atau Nagari klaster II ini meliputi Nagari di Empat Kecamatan yaitu Kecamatan Sangir, Sangir Jujuan, Sangir Balai Janggo, dan Sangir Batang Hari.

Sedangkan Klaster satu imbuhnya Meliputi Nagari-Nagari di tiga Kecamatan yaitu Kecamatan KPGD, Sungai Pagu dan Patuh Duo.

Ia mengungkapkan Tujuan kegiatan tersebut untuk mendorong nagari menjadi kreatif dan inovatif sehingga bisa mendorong ekonomi lokal melalui penguasaan teknologi dan berbagai pendekatan modern untuk pembangunan nagari demi kesejahteraan masyarakat.

"Program Inovasi Desa (PID) hadir sebagai upaya mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan Dana Desa (DD) dengan memberikan rujukan inovasi pembangunan Desa serta merevitalisasi peran pendamping dalam pengembangan potensi ekonomi lokal dan kewirausahaan pengembangan sumber daya manusia serta infrastruktur Desa," ujarnya.

Menurut dia, melalui program Inovasi Desa diharapkan mampu memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif.

Program Inovasi Desa, katanya, salah satu cara pemerintah memberikan apresiasi atau penghargaan terhadap inisiatif yang telah dilakukan oleh masyarakat desa.

Dia ... Baca halaman selanjutnya