Harganas 2019, Ketua TP-PKK Kota Solok Terima Anugerah Manggala Karya Kencana

Ketua TP-PKK kota Solok, Zulmiyetty Zul Elfian menerima anugerah MKK dari Kepala BKKBN Pusat.
Ketua TP-PKK kota Solok, Zulmiyetty Zul Elfian menerima anugerah MKK dari Kepala BKKBN Pusat. (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Dinilai mempunyai dedikasi tinggi terhadap program pengendalian penduduk, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Solok , Zulmiyetti Zul Elfian dianugerahi pengargaan Manggala Karya Kencana (MKK) oleh BKKBN Pusat.

Anugrah tersebut disematkan langsung oleh Kepala BKKBN Pusat, Hasto Wardoyo kepada Ny. Zulmiyetty Zul Elfian pada malam gala dinner Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI tahun 2019 di gedung Mahligai Pancasila, Rumah Dinas Gubernur Kalsel, Jum'at (5/7).

baca juga: Pemko Solok Bagikan Sembako Bagi Relawan

Manggala Karya Kencana merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Pemerintah Pusat melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) kepada sosok yang dinilai mempunyai dedikasi tinggi terhadap program pengendalian penduduk.

Selain dinilai berdedikasi tinggi dan berprestasi, Ketua TP-PKK Kota Solok juga dianggap memiliki komitmen tinggi dalam menggerakkan Program Kependudukan dan Keluarga Berencana dalam Pembangunan Keluarga Sejahtera untuk mewujudkan Keluarga Kecil Sejahtera Bahagia.

baca juga: Tenggelam di Embung, Seorang Pelajar Solok Meninggal Dunia

Selain itu, berdasarkan dari sejumlah indikator penilaian BKKBN Pusat, Kota Solok juga dianggap telah berhasil memberikan pelayanan progran Keluarga Berencana (KB) dalam upaya pengendalian laju pertumbuhan penduduk.

Hal tersebut tercermin dari tingginya partisipasi keluarga dalam kelompok kegiatan seperti Bina Keluarga Balita, Bina Keluarga Remaja, Bina Keluarga Lansia dan Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UPPKS) serta membangun Kampung KB di Kota Solok .

baca juga: Tagana Kota Solok Kembangkan Budikdamber, Alternatif Usaha di Tengah Wabah Corona

Disela kegiatan, Ny. Zulmiyetty Zul Elfian mengaku sangat bersyukur, penghargaan tersebut merupakan buah kerja keras semua pihak yang mendukung secara penuh pelaksanaan program KB di kota Solok .

"Kita berharap sosialisasi Program Kependudukan dan Keluarga Berencana ini dapat terus ditingkatkan sehingga lebih banyak lagi terbentuk keluarga bahagia dan sejahtera di kota Solok kedepannya," sebut Zulmiyetty Zul Elfian.

baca juga: Kota Solok Gelar Kompetisi Inovasi New Normal, Hadiahnya Puluhan Juta

Menurutnya, dengan semakin meningkatkan kualitas keluarga kota Solok akan sangat membantu dalam pembangunan daerah kedepannya. Keluarga yang sehat dan tangguh menjadi cerminan ketahanan daerah.

Sejatinya, ulas Istri Wako Solok tersebut, anugerah penghargaan yang diberikan pemerintah pusat menjadi motivasi kuat kedepannya bagi seluruh pengurus TP-PKK dan kader untuk semakin bergairah dalam menjalankan misi dan program di kota Solok .

"Dari waktu ke waktu, kinerja kita menunjukkan peningkatan yang signifikan, program yang kita jalankan merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat luas," sebutnya.

Pihaknya juga sangat mengapresiasi dorongan dan dukungan dari pemerintah daerah kota Solok melalui Dispenduk-KB dan OPD lainnya yang mendukung setiap program yang dijalankan oleh TP-PKK kota Solok .

Kendati demikian, Zulmiyetty menghimbau semua pihak baik dinas terkait, kader dan pengurus TP-PKK untuk cepat puas dengan hasil yang diraih, tetapi jadikan penghargaan tersebut sebagai momentum untuk lebih berusaha lagi kedepannya.

Walikota Solok , H. Zul Elfian yang turut hadir dalam malam puncak peringatan Harganas ke XXVI tersebut mengatakan setelah dirasakan manfaatnya, masyarakat semakin sadar dan mendukung program keluarga berencana yang digulirkan pemerintah.

"Perlu kita tekankan, program KB bukan untuk menghambat atau membatasi jumlah anak dalam keluarga, tapi lebih kepada bagaimana mengatur jarak kelahiran, untuk menjaga kesehatan reproduksi Ibu," sebut penasehat TP PKK kota Solok itu.

[Syafriadi]

Penulis: Khadijah