Taman Kitiran QTC Kota Solok, Wisata Kekinian dengan Konsep Religi

"esuai namanya, taman Kitiran, di lokasi objek wisata yang baru resmi beroperasi beberapa waktu lalu itu terdapat kurang lebih 1000 kincir angin kecil atau kitiran dengan warna serupa"
Pengunjung berlatih panahan di taman Kitiran kota Solok (KLIKPOSITIF/Syafriadi)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Berwisata tidak hanya sekedar mencuci mata dan melepas diri dari kejenuhan rutinitas kerja, tapi dengan lokasi wisata yang tepat, juga bisa menjadi sarana menambah pengetahuan akan pengetahuan agama.

Seperti objek wisata Taman Kitiran Qualified Training Center (QTC) di kelurahan Tanjung Paku, Kota Solok. Wisata outbond, Camping ground, dipadukan dengan sarana latihan memanah yang memang tergolong olahraga yang disunnahkan serta sanggar Qur'an.

Sesuai namanya, taman Kitiran, di lokasi objek wisata yang baru resmi beroperasi beberapa waktu lalu itu terdapat kurang lebih 1000 kincir angin kecil atau kitiran dengan rupa warna. Letaknya yang ada di kawasan perbukitan, membuat Kitiran bergerak serentak ditiup angin.

Setiap pengunjung bisa berburu foto menarik dengan hiasan Kitiran. Juga disediakan tempat duduk ditengah taman, hingga ayunan bagi anak-anak. Sejak dibuka, tidak sedikit masyarakat yang datang berkunjung.

Tidak hanya itu, hamparan sawah yang ada di arah Utara taman semakin melengkapi nuansa alam. Dari Taman Kitiran yang menghadap ke arah utara itu juga terlihat jelas Masjid agung Al-Muhsinin.

Menurut pendirinya, Ustaz Diki Asnur, awalnya Taman Kitiran QTC merupakan sebuah sanggar Qur'an dan pusat pelatihan tahfidz yang dibuka awal 2019 lalu bagi anak-anak kota Solok. Lokasinya sengaja agak jauh dari keramaian dan melebur dengan nuansa alam.

"Memang sebelumnya, Taman Kitiran QTC fokus pada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui kegiatan training, outbound, Tahfidz, camping atau berkemah," sebut Ustaz Diki Asnur beberapa waktu lalu.

Sejak beberapa waktu terakhir, pihaknya juga menambahkan spot untuk latihan memanah bagi pengunjung yang tergerak belajar olahraga Sunnah tersebut. Dua set panah disiapkan lengkap dengan instruktur yang siap mendampingi dan mengajarkan teknik memanah.

Dalam mengembangkan taman Kitiran yang dibuka sejak usai lebaran ... Baca halaman selanjutnya