Baznas Kota Solok Gelar Khitanan Gratis Bagi 100 Anak Kurang Mampu

"Sunatan masal gratis ini memang kita khususkan bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu yang berasal dari kota Solok, sehingga mereka tidak perlu lagi memikirkan biaya untuk khitan anak"
Ketua Baznas kota Solok, Zaini dan Kepala Dinkes dr. Ambun Kadri meninjau pelaksanaan khitanan gratis di Sporthall Tanjung Paku (Ist)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Membantu masyarakat ekonomi lemah dalam memenuhi kewajiban mengkhitankan anak, Baznas kota bersama IDI dan Dinas Kesehatan kota Solok menggelar khitanan masal bagi 100 anak, Selasa (25/6) di Sport hall Tanjung Paku.

Tidak saja mendapat pelayanan sunatan secara cuma-cuma, anak-anak peserta sunatan gratis juga diberikan bingkisan tambahan berupa paket kain sarung, Snack hingga uang transportasi.

Khitan masal gratis yang diinisiasi oleh Baznas kota Solok tersebut memanfaatkan dana zakat yang terkumpul dari masyarakat kota Solok yang mempercayakan penyaluran kewajiban zakatnya melalui Baznaz.

"Sunatan masal gratis ini memang kita khususkan bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu yang berasal dari kota Solok, sehingga mereka tidak perlu lagi memikirkan biaya untuk khitan anak," sebut Ketua Baznas kota Solok, Zaini.

Pihaknya sangat mengapresiasi dukungan penuh yang diberikan oleh Ikatan Dokter Indonesia cabang Solok dan dinas kesehatan yang bersedia memberikan layanan kesehatan kepada anak-anak keluarga kurang mampu.

Sementara itu, Wako Solok melalui Kepala Dinas kesehatan, dr. Ambun Kadri mengatakan, kegiatan sosial sunatan masal gratis merupakan bentuk kepedulian Pemko Solok bersama Baznas dan IDI untuk meringankan beban keluarga tergolong ekonomi lemah.

Terlebih lagi, ulasnya, khitan merupakan sebuah kewajiban yang mesti ditunaikan setiap anak laki-laki muslim. Ada nilai-nilai kesehatan dan ibadah dalam syariat Islam yang terkandung didalamnya.

"Dengan berkaitan, laki-laki muslim akan terhindar dari berbagai potensi penyakit kelamin. Selain sebagai sebuah kewajiban dan ibadah, ada nilai-nilai atau manfaat ... Baca halaman selanjutnya