Gali Inovasi Daerah, Provinsi Sumatera Utara Belajar ke Kota Solok

Sekda kota Solok, Rusdianto menyampaikan ekspose Inovasi kota Solok
Sekda kota Solok, Rusdianto menyampaikan ekspose Inovasi kota Solok (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Kesuksesan melahirkan berbagai inovasi dalam peningkatan kinerja dan sistim pelayanan terhadap masyarakat, menjadi daya tarik tersendiri bagi daerah lain untuk belajar ke kota Solok. Salah satunya provinsi Sumatera Utara.

Hal itu terungkap dalam kunjungan tim Diklat kepemimpinan tingkat III Provinsi Sumatera Utara di Aula Bappeda Kota Solok, Senin (24/6). Kedatangan Tim Study tiru asal provinsi Sumatera Utara diterima Sekda kota Solok, Rusdianto.

Walikota (Wako) Solok Zul Elfian diwakili Sekda Rusdianto mengatakan pemko Solok sangat terbuka dengan semua pihak atau daerah lain yang ingin sharing informasi terkait berbagai inovasi yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Solok.

Baca Juga

"Dengan adanya sharing informasi akan sangat membantu kita, dan juga daerah lain yang berkunjung untuk sama-sama meningkatkan motivasi dalam melakukan inovasi," sebut Rusdianto.

Dalam eksposnya, Sekda menjelaskan, dalam melahirkan inovasi yang efektif dan efisien sangat dibutuhkan komitmen dan dukungan penuh dari pemerintah daerah. Terutama Walikota dan Wakil Walikota.

Dengan begitu, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) punya kesempatan untuk melahirkan ide-ide kreatif dalam mengatasi berbagai persoalan kerja dan pelayanan yang dilakukan sehingga terjadi peningkatan yang signifikan.

"Ide-ide dan gagasan ini nantinya yang akan menjadi cikal bakal inovasi di masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD), melalui inovasi kinerja ASN meningkat dan pelayanan pun maksimal kepada masyarakat," sebut Sekda.

Sebelumnya, kota Solok ditunjuk sebagai salah satu laboratorium inovasi daerah di wilayah Sumatera oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI berkat berbagai inovasi penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik yang dilahirkan.

Bahkan kota Solok sempat dianugerahi Inagara Award dari LAN-RI pada tahun 2017 lalu atas tingginya komitmen kepala dan wakil kepala daerah dalam mensuport ASN untuk berani berinovasi.

Disisi lain, Ketua Rombongan, Dr. Kaiman Turnip menyebutkan studi tiru yang dilakukan tidak terpaku kepada kota-kota besar saja, tapi kami juga memilih kota kecil yang banyak menciptakan inovasi.

"Kami memilih kota Solok sebagai tempat belajar bagi peserta Benchmarking tingkat 3 ini karena berhasil menciptakan berbagai macam inovasi yang sudah diakui oleh Pemerintah Pusat” sebut Kaiman.

[Syafriadi]

Penulis: Khadijah | Editor: -