125 Orang CJH Kota Solok Mulai Rangkaian Manasik Haji

Dihadapan CJH, Wako Solok H. Zul Elfian pesankan pentingnya mempersiapkan diri jelang menjalani ibadah Haji.
Dihadapan CJH, Wako Solok H. Zul Elfian pesankan pentingnya mempersiapkan diri jelang menjalani ibadah Haji. (Dok. Humas Kota Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -- 125 Calon Jemaah Haji (CJH) kota Solok tahun 2019 memulai rangkaian bimbingan manasik haji. Pembukaan rangkaian manasik haji dilakukan langsung Walikota Solok H. Zul Elfian, Selasa (18/6) di Kantor Kemenag kota Solok.

Pembukaan juga langsung dihadiri Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sumbar, H. Hendri, Plt. Kakan Kemenag kota Solok Afrizen serta petugas yang akan memberikan bimbingan haji bagi CJH kota Solok.

Walikota Solok H. Zul Elfian mengatakan, manasik haji merupakan suatu rangkaian dalam persiapan ilmu dan pengetahun yang perlu dikuasai bagi para CJH yang akan menunaikan ibadah haji di tanah suci.

Baca Juga

"Untuk menjadi haji yang mabrur, selain niat yang lurus, Ikhlas dan hati suci, kita perlu membekali diri dengan pengetahuan akan berbagai rangkaian amalan dan ibadah yang bakal dilakukan," sebut Zul Elfian.

Dikatakan Zul Elfian, setiap CJH mesti bersyukur dengan rizky dan nikmat atas panggilan menunaikan ibadah haji. Banyak orang yang telah menunggu cukup lama, namun masih belum mendapat kesempatan.

Untuk itu, pesannya, CJH kota Solok harus mempersiapkan diri dengan baik. Tidak saja pengetahuan agama namun juga mempersiapkan fisik dan kesehatan yang baik, sebab, ibadah haji termasuk rangkaian ibadah yang berat.

"Perlu persiapan yang matang, baik kebugaran fisik, kesehatan yang prima dan pengetahuan agama yang cukup untuk melaksanakan ibadah haji, lakukan dengan sebaik-baiknya agar menjadi haji yang mabrur," papar Zul Elfian.

Selain itu, pihaknya meminta kepada seluruh Jamaah haji yang berangkat nantinya untuk mendoakan kebaikan bagi daerah dan masyarakat kota Solok. Semoga, kota Solok menjadi daerah yang diberkahi oleh Allah SWT.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri juga meminta seluruh CJH untuk mempersiapkan diri lahir dan batin menyongsong pelaksanaan Ibadah haji mendatang. Persiapkan diri sedini mungkin dengan menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat.

Terkait teknis pelaksanaan ibadah haji, jamaah nantinya tidak perlu risau karena bakal didampingi dan dibimbing oleh petugas yang telah disiapkan. Ada tim Pembimbing Ibadah Haji (TPIH), Tim Pemandu Haji (TPH) dan juga ada tim kesehatan.

"Ikuti rangkaian persiapan ini dengan baik dan kalau memang ada yang kurang paham, jangan enggan bertanya sehingga kita betul-betul siap untuk melaksanakan ibadah haji," jelasnya.

[Afri]

Penulis: Pundi F Akbar