Apel Gabungan Pertama, Bupati Yusuf Lubis Sidak ASN Usai Libur Lebaran

Bupati Pasaman,  Yusuf Lubis saat memberikan arahan
Bupati Pasaman, Yusuf Lubis saat memberikan arahan (Ist)

PASAMAN , KLIKPOSITIF - Bupati Pasaman , Yusuf Lubis melakukan sidak terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) atas kehadirannya melalui Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing pada apel gabungan hari pertama masuk kerja, Senin 10 Juni 2019.

Hal ini sebagai tindaklanjut perintah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI (PAN-RB RI) dalam upaya penegakan disiplin diseluruh instansi pemerintah, untuk melakukan pemantauan kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) seusai Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

baca juga: Seorang PDP di Pasaman Dimakamkan dengan Protap COVID-19

Langkah ini juga dilakukan untuk optimalisasi pelayanan publik. Karena kehadiran ASN samlngat berpengaruh terhadap optimalisasi pelayanan publik.

Sidak bersama Wakil Bupati Pasaman , Atos Pratama tersebut turut dihadiri Sekretaris Daerah dan staf Staf Ahli, yang dilakukan dengan mengumpulkan seluruh Asisten, Kepala OPD untuk menyampaikan daftar kehadiran dan penjelasan untuk ketidakhadiran PNS pada pelaksanaan apel perdana pasca lebaran. Selanjutnya laporan tersebut akan disampaikan secara tertulis kepada BKPSDM Kabupaten Pasaman guna diteruskan kepada Kemenpan RI.

baca juga: Polisi Amankan 91,5 Kilogram Ganja di Pasaman, Dua Pelaku Kabur ke Hutan

Bupati Pasaman Yusuf Lubis dalam arahannya mengatakan harapannya terhadap data yang valid dari Kepala OPD terkait kehadiran para ASN.

Setelah pelaksanaan apel gabungan perdana ini, Bupati Pasaman mengundang seluruh peserta apel untuk melaksanakan Open House di kediaman dinas Bupati.

baca juga: Akui Kesalahan, Anggota DPRD Pasaman Minta Maaf

Dalam kesempatan ini, Wakil Bupati Atos Pratama dalam menegaskan peningkatan kinerja OPD masing-masing pasca lebaran, mengingat pelaksanaan anggaran yang sudah berada di akhir triwulan II sehingga wajib untuk meningkatkan komitmennya terhadap pencapaian realisasi Fisik dan keuangan.

"Kapasitas dan kapabilitas Kepala OPD sangat menentukan hasil dan tindak lanjut dari Renstra yang telah disusun di awal tahun" ujarnya.

baca juga: Langgar PSBB dan Maki-maki Petugas di Agam, Kader Gerindra Pasaman Diberi Peringatan

[Man St Pambangun]

Penulis: Khadijah