Seribu Lebih Qori-Qoriah Bakal Ikuti MTQ ke 38 di Kota Solok

"Alhamdulillah, persiapan kita sudah nyaris rampung 100 persen"
Wawako Reinier pastikan kesiapan kota Solok sebagai tuan rumah MTQ ke 38 tingkat Sumbar. (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Sekitar 1.109 Qori dan Qoriah dari 19 kabupaten/kota se Sumatera Barat bakal bertarung menjadi yang terbaik dalam Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke 38 tingkat Sumbar tahun 2019 di kota Solok.

"Para peserta nantinya akan berkompetisi dalam 11 cabang perlombaan yang dibagi kedalam 34 golongan," ungkap Kakanwil Kemenag Sumbar, Hendri saat Technical Meeting (TM) pengesahan kafilah, Rabu (29/5) di masjid Agung Al-Muhsinin.

Sementara itu, terkait soal penilaian lomba, panitia MTQ Nasional ke 38 yang diketuai langsung Wawako Solok juga bakal melibatkan lebih kurang 224 hakim dan panitera dari daerah, serta ada sekitar 15 orang hakim dari pusat.

Wakil Walikota (Wawako) Solok, Reinier menjelaskan, MTQ Nasional ke 38 tingkat Sumbar yang dilakukan di kota Solok pada 14-22 Juni 2019 merupakan ajang pembuka jelang MTQ tingkat Nasional di Sumbar tahun 2020.

Secara umum, ulasnya, kota Solok sudah sangat siap untuk melaksanakan dan mensukseskan gelaran MTQ dan menjadi tuan rumah yang baik bagi tamu dan kafilah yang datang dari berbagai daerah di Sumatera Barat.

"Alhamdulillah, persiapan kita sudah nyaris rampung 100 persen, tinggal penyempurnaan di beberapa bagian saja. Mudah-mudahan berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan," tutur Reinier.

Wawako Solok juga sangat mengapresiasi dukungan dan bimbingan yang diberikan oleh pemerintah provinsi Sumatera Barat, LPTQ Sumbar, Kakanwil Kemenag Sumbar dan kabupaten/kota lainnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Sumbar Nasrul Abit mengatakan, pelaksanaan MTQ tingkat Sumbar harus menjunjung tinggi semangat kebersamaan, kejujuran dan keadilan.

"Panitia harus bekerja maksimal, jujur dan adil sehingga tidak ada pihak-pihak yang merasa dirugikan. Ingat, ini adalah ladang amal, jangan jadikan penambah dosa," tutur Nasrul Abit yang juga Wagub Sumbar ... Baca halaman selanjutnya