Wawako Solok Ajak Masyarakat Berbuka dengan Sederhana

"Padahal, sebutnya, salah satu hikmah dari ibadah puasa adalah melatih setiap muslim untuk belajar menahan diri dari hal yang sifatnya berlebihan atau mubazir"
Wawako Solok, Reinier ingatkan masyarakat akan pentingnya kesederhanaan dalam berbuka puasa (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Wakil Walikota (Wawako) Solok, Reinier mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup hemat dan sederhana selama bulan Ramadan. Terutama dalam memenuhi kebutuhan saat berbuka puasa.

"Ada sebuah fenomena, dimana masyarakat (kita) kerap berlebihan saat menyiapkan hidangan berbuka di bulan puasa," ungkap Reinier saat berkunjung bersama tim 2 Safari Ramadan Kota Solok di Masjid Raudhatul Jannah. Selasa (14/5).

Padahal, sebutnya, salah satu hikmah dari ibadah puasa adalah melatih setiap muslim untuk belajar menahan diri dari hal yang sifatnya berlebihan atau mubazir. Penuhi sesuai kebutuhan bukan berdasarkan keinginan.

Sikap mayoritas masyarakat yang condong berlebihan dalam mempersiapkan berbuka puasa juga sangat berpengaruh terhadap kenaikan barang-barang atau inflasi daerah akibat meningkatnya permintaan.

"Kalau permintaan sudah meningkat maka barang-barang akan langka dan menyebabkan kenaikan harga, makanya setiap jelang Ramadan harga sembako selalu meroket," ulas Reinier.

Selain itu, pola berbuka juga sangat mempengaruhi ibadah yang dilakukan. Kalau berlebihan dalam mengkonsumsi takjil dan makanan berbuka lainnya akan memicu rasa kantuk dan rasa malas untuk mendirikan ibadah di malam Ramadan.

Sebaiknya, sebut Reinier, lebih diutamakan berbuka dengan makanan yang sederhana namun lengkap akan kebutuhan gizi dan vitamin untuk mengganti kekurangan gizi dan cairan setelah berpuasa.

Dalam kesempatan itu, Wawako Solok sebagai ketua Tim 2 TSR Kota Solok juga menyerap berbagai aspirasi atau keluhan dari masyarakat atau jamaah masjid Raudhatul Jannah.

Salah satu yang menjadi sorotan masyarakat adalah soal pelaksanaan Malam Bina Iman ... Baca halaman selanjutnya