Tim Terpadu Pemko Solok Sidak Pasar Pabukoan

"Makanan dan minuman yang diambil sebagai sampel uji laboratorium rata-rata merupakan jenis yang memang kerap ditemukan penggunaan bahan berbahaya dalam proses pembuatannya."
Wawako Solok, Reinier bersama tim terpadu mengambil sampel minuman dan makanan yang akan diuji (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Mengantisipasi penggunaan bahan berbahaya terhadap makanan, Tim terpadu pemerintah kota Solok bersama Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Sumbar melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke pasar pabukoan, Senin (13/5).

Tim yang dipimpin langsung Wakil Walikota (Wawako) Solok, Reinier membeli sejumlah sampel makanan dan minuman yang dijual oleh para pedagang. Nantinya, akan dilakukan uji laboratorium untuk mengetahui kandungan dari makanan serta minuman tersebut.

Makanan dan minuman yang diambil sebagai sampel uji laboratorium rata-rata merupakan jenis yang memang kerap ditemukan penggunaan bahan berbahaya dalam proses pembuatannya.

"Berdasarkan pengalaman kita selama ini, kita fokus pada makanan dan minuman yang memang kerap menggunakan bahan berbahaya, baik yang sifatnya sebagai pewarna maupun pengawet," sebut Kabid Infokom BBPOM. Sumbar, Dra fifiani.

Dibeberkannya, petugas BBPOM membeli dan mendata sampel minuman seperti cendol, rumput laut dan Delima serta lainnya yang memang sering sengaja dicampur dengan Rodhamin B untuk mempercantik warna dan bahan kimia Boraks untuk memperpanjang daya awet.

Kendati demikian, pihaknya juga mengajak masyarakat untuk tidak terlalu takut berbelanja di pasar pabukoan kota Solok, sebab banyak pedagang jujur yang menggunakan pewarna makanan atau alami.

"Nanti hasilnya akan kita periksa di laboratorium dan disampaikan pada Pemko Solok, kalau memang ada ditemukan penggunaan bahan berbahaya maka akan dilakukan penelusuran dan pembinaan," tuturnya.

Wakil Walikota Solok, Reinier dalam kesempatan itu mengatakan, sidak yang dilakukan tim terpadu bersama BBPOM Sumbar merupakan upaya dalam pengawasan ... Baca halaman selanjutnya