Pemko Solok Kaji Pembentukan Perumda Baru

Wawako Solok, Reinier pimpin rapat evaluasi di Balaikota Solok
Wawako Solok, Reinier pimpin rapat evaluasi di Balaikota Solok (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Mengevaluasi rencana pendirian Badan Usaha Milik Daerah atau Perumda, Pemerintah Kota (Pemko) Solok kembali melakukan pembahasan draft laporan akhir, Kamis (9/5) di kantor Balaikota Solok . Rapat dipimpin langsung Wakil Walikota (Wawako) Solok , Reinier.

Menurut Wawako, Reinier, pembahasan ditujukan untuk mengevaluasi seluruh aspek dalam mewujudkan rencana pendirian Perusahaan Milik Daerah Kota Solok . Apakah memang sudah sesuai dengan kebutuhan daerah.

baca juga: Kota Solok Kembali Perpanjang PSBB Hingga 7 Juni 2020

Selain itu, juga dilakukan  kajian apakah bidang usaha yang direncanakan dapat dinyatakan layak dari segi ekonomi, pasar dan pemasaran, keuangan, hukum, teknis dan operasional (teknologi), serta SDM.

"Dari kajian dan pembahasan itu nanti akan dihasilkan dokumen kelayakan usaha yang dapat digunakan sebagai rujukan untuk penetapan kebijakan Pendirian Badan Usaha Milik Daerah Kota Solok ," ungkap Reinier usai pembahasan.

baca juga: Halalbihalal Via Zoom oleh PLN Sumbar Bersama Stakeholder

Selain itu juga akan dilakukan identifikasi kondisi eksiting pengelolaan aset yang menghasilkan pendapatan asli daerah, mengidentifikasi berbagai potensi permasalahan dalam pengelolaan aset milik daerah.

Dari hasil identifikasi juga akan dihasilkan sebuah kesimpulan akhir terkait kebutuhan dan jenis Badan Usaha Milik Daerah yang memang dibutuhkan oleh kota Solok untuk kedepannya.

baca juga: Tunggu Arahan Provinsi, Kota Solok Bersiap Laksanakan New Normal

Selanjutnya, ulas Reinier, pihaknya juga menganalisis kelayakan usaha Perusahaan Umum Daerah yang akan dibentuk di Kota Solok beserta proyeksi pendapatan yang akan diraup di masa yang akan datang.

"Dari seluruh tahapan identifikasi, penelitian, kajian dan analisa, akan dihasilkan sebuah rekomendasi sebagai dasar dalam pengambilan keputusan dalam pembentukan Perumda," tukas Reinier.

baca juga: Pegawai LP Sijunjung Asal Solok Positif COVID-19

Terkait pengelolaan aset, Reinier menyebutkan, sejauh ini masih dikelola oleh berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada dilingkungan Pemko Solok . Dari aset tersebut, juga dihasilkan pendapatan asli daerah (PAD). Aset tersebut nantinya dikelompokkan dalan beberapa bidang usaha.

Adapun cakupan objek aset tersebut antara lain, Gedung Kubung Tigo Baleh, Alat Berat, Sport Hall Tanjung Paku, Rusunawa, Rusunawa SKB, UPTD Rumah Potong Hewan, UPTD Balai Benih Ikan Sarasah Batimpo.

Berikut juga ada Pulau Belibis, Taman Pramuka, Gedung Seni, Taman Syech Kukut, Instalasi Pelayanan Lumpur Tinja, Pasar Raya Solok , Pasar Pagi, Job Mix Formula, serta Uji Kuat Tekan, dan Codril.

[Syafriadi]
 
 

Penulis: Khadijah