Tim VIII Safari Ramadan Pasaman ke Mapattunggul, Ini Pesan Kepala Pengadilan Agama

"Nongliasma mengajak masyarakat agar mengurus surat nikah bagi yang belum mempunyai surat nikah, meskipun telah nikah sesuai ketentuan"
Ketua Tim Safari Ramadan (TSR) VIII menyerahkan bantuan kepada pengurus mesjid Nurul Huda (KLIKPOSITIF/Man St Pambangun)

PASAMAN, KLIKPOSITIF - Ketua Pengadilan Agama Lubuk Sikaping, Nongliasma mengajak masyarakat agar mengurus surat nikah bagi yang belum mempunyai surat nikah, meskipun telah nikah sesuai ketentuan.

Khusus di Kecamatan Mapattunggul masih banyak masyarakat yang belum memiliki surat nikah. Apalagi yang telah menikah belasan atau puluhan tahun. Salah satu penyebab, jarak dan transfortasi dan kondisi jalan beberapa puluh tahun sangat sulit untuk mengurus surat nikah. Contohnya, dari Mapattunggul ke Kecamatan Rao.

"Saya mendapat informasi setelah berdiskusi dengan bapak Walinagari Pintu Padang, Irwan Ayub. Dan ternyata memang benar banyak masyarakat kita yang belum mempunyai surat nikah meskipun sudah menikah," kata Ketua Pengadilan Agama Lubuk Sikaping yang bertindak sebagai Ketua Tim Safari Ramadan (TSR) VIII ke mesjid Nurul Huda di Jorong Koto Sawah Nagari Pintu Padang Kecamatan Mapattunggul Kabupaten Pasaman, Kamis 8 Mei 2019 malam.

Seiring dengan keluhan harapan masyarakat tersebut, pihaknya mempunyai program untuk itu dan akan turun-turun ke kecamatan-kecamatan di Pasaman. Ada 20 lebih jumlah kunjungannya.

"Kepada bapak Walinagari silahkan datang ke kantor Pengadilan Agama untuk mengurus surat nikah warganya. Atau masyarakat yang bersangkutan bisa juga, nanti akan kita bantu"sebutnya.

Kemudian, menyangkut aspirasi dari masyakat yang disampaikan Walinagari seperti masih kurangnya bantuan rumah layak huni, penerangan lampu jalan dan pembinaan koperasi sudah langsung dicatat oleh masing-masing kepala dinas yang ikut dalam rombongan TSR 8.

"Begitu juga harapan dari bapak Camat Mapattunggul, Sayuti Pohan juga sudah menjadi cacatan bagi tim rombongan. Kita mengucapkan terimakasih atas sambutan panitia dan masyarakat"ujarnya.

Disisi lain, sebagai pimpinan rombongan TSR VIII, ia menyampaikan harapan bapak bupati kepada masyarakat Mapattunggul agar selalu menjaga keamanan sehingga terciptanya ... Baca halaman selanjutnya