Tumbuhkan UMKM, Pemko Solok Dorong Kemudahan Akses Permodalan

"Penguatan Modal usaha merupakan hal yang sangat penting bagi pelaku UMKM, makanya kita terus berusaha membuka ruang agar seluruh pelaku UU MKM mendapat ruang terhadap akses bantuan permodalan"
Wawako Solok, Reinier ketika meninjau usaha pertanian masyarakat di KTK kota Solok (Ist)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Pemerintah Kota (Pemko) Solok terus mendorong berkembangnya Usaha Kecil Menengah (UKM) masyarakat. Selain memberikan pembinaan dan pendampingan, Pemko Solok terus membuka ruang untuk penguatan permodalan dari berbagai pihak.

Menurut Wakil Walikota (Wawako) Solok, Reinier, persoalan permodalan memang kerap menjadi batu sandungan untuk pengembangan usaha bagi masyarakat. Keterbatasan modal memaksa usaha masyarakat jalan ditempat.

"Penguatan Modal usaha merupakan hal yang sangat penting bagi pelaku UMKM, makanya kita terus berusaha membuka ruang agar seluruh pelaku UU MKM mendapat ruang terhadap akses bantuan permodalan," ungkap Reinier, Senin (6/5).

Penguatan permodalan usaha masyarakat bisa diakses melalui lembaga perbankan maupun yang sifatnya non perbankan. Tentunya, memang ada sejumlah prasyarat yang mesti terlebih dahulu dipenuhi oleh pemilik usaha.

Untuk bantuan perbankan, sebut Reinier, terbuka ruang bagi seluruh pelaku usaha untuk mengakses bantuan berupa pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR). tentunya, bantuan modal yang diajukan sesuai dengan kapasitas usaha yang ada.

Selain jalur perbankan, juga ada berbagai bentuk bantuan permodalan yang sifatnya kemitraan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Seperti yang dilakukan oleh PT. Bukit Asam beberapa waktu lalu.

Setidaknya, untuk tahap pertama, PT. Bukit Asam menyalurkan bantuan dana program kemitraan senilai 1 Milyar bagi salah satu kelompok usaha pengolahan dan budidaya ikan, Kota Solok.

"Jika usaha yang dilakukan masyarakat dijalankan dengan baik, maka kita sangat yakin, nantinya berbagai lembaga keuangan akan berkenan untuk memberikan bantuan permodalan," ulas ... Baca halaman selanjutnya