Hardiknas 2019 kota Solok, Dandim: Manfaatkan Teknologi Untuk Kemajuan Pendidikan

"Kekuatan sektor pendidikan dan kebudayaan menemukan urgensinya"
Dipimpin Dandim 0309/Solok, upacara peringatan Hardiknas 2019 berjalan khidmat di halaman Balaikota Solok (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Pemerintah Kota (Pemko) Solok menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2019 di halaman kantor Balaikota Solok, Kamis (2/5). Bertindak sebagai inspektur upacara Dandim 0309/Solok Letkol Arh. Priyo Iswahyudi.

Upacara rutin yang digelar setiap tahun itu diikuti jajaran pejabat dari unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), TNI-Polri, ASN, Mahasiswa dan pelajar se kota Solok.

Dalam amanat Mentri pendidikan, Dandim 0309/Solok mengatakan, perhatian pemerintah saat ini mulai bergeser dari pembangunan infrastruktur ke pembangunan sumber daya manusia atau sektor pendidikan.

"Kekuatan sektor pendidikan dan kebudayaan menemukan urgensinya. Untuk itulah, Hardiknas tahun 2019 mengangkat tema Penguatan pendidikan dan memajukan kebudayaan," papar Priyo Iswahyudi.

Tema ini, mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai kebudayaan guna membingkai hadirnya SDM berkualitas untuk Indonesia yang berkemajuan.

Pembangunan SDM menekankan dua penguatan, pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja. Dalam pendidikan karakter, membentuk insan berakhlak mulia, sopan santun, tanggung jawab, serta budi pekerti luhur.

Sementara, ikhtiar membekali keterampilan dan kecakapan disertai pula dengan penanaman jiwa kewirausahaan. Tentu, semua itu membutuhkan profesionalitas kinerja segenap pemangku kepentingan dalan dunia pendidikan di tingkat pusat dan daerah.

Dijelaskan Dandim, Perkembangan teknologi dapat mempengaruhi ... Baca halaman selanjutnya