Dukung Pengembangan Ponpes, Pemko Solok Akan Berikan Perhatian Lebih

Wakil Walikota (Wawako) Solok, Reinier menyerahkan ijazah salah seorang santri ponpes Waratsatul Anbiya yang telah diwisuda
Wakil Walikota (Wawako) Solok, Reinier menyerahkan ijazah salah seorang santri ponpes Waratsatul Anbiya yang telah diwisuda (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Sentralnya peran Pondok Pesantren dalam membentuk generasi muda yang berkarakter dan religius, Pemerintah Kota (Pemko) Solok akan memberikan perhatian lebih terhadap pengembangan dan kemajuan pondok pesantren kedepannya.

Menurut Wakil Walikota (Wawako) Solok , Reinier, Pondok pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan penting yang harus didukung ditengah krisis akhlak generasi muda saat ini. Melalui Ponpes, akan terlahir generasi penerus bangsa yang berbekal ilmu agama.

baca juga: Jelang Lebaran, ASN Pemko Solok Berbagi Paket Sembako

"Kita akan menjadikan ponpes sebagai benteng dan bengkel akhlak guna menghindari anak muda kita dari segala pengaruh buruk," ungkap Reinier ketika menghadiri milad ke 10 dan wisuda ke 5 Ponpes Waratsatul Anbiya Kota Solok , Ampang Kualo, Kelurahan Kampung Jawa, Selasa (30/4).

Pondok pesantren sudah menjadi pilihan utama ditengah banyaknya pilihan lembaga pendidikan saat ini. Hal itu terbukti dengan makin tingginya minat orang tua untuk menyekolahkan anaknya di pondok pesantren.

baca juga: Kasus COVID-19 di Kotobaru Solok, 60 Orang Negatif, 3 Orang Uji Ulang

Ditambahkan Reinier, semangat pemerintah kota Solok dalam menjadikan daerah berjuluk kota beras serambi madinah sebagai daerah yang mengusung pembangunan keagamaan, sangat selaras dengan semangat yang diusung pondok pesantren.

"Kedepan, Pemko Solok bersama DPRD tentunya akan memberikan perhatian lebih terhadap kemajuan dan pembangunan pondok pesantren di kota Solok sehingga bisa lebih maju lagi," cetus Reinier.

baca juga: 4 Warga Solok Dihadang Harimau, Evakuasi Berlangsung Dramatis

Kakan Kemenag kota Solok , Afrizen mengatakan, bahwa momen peringatan milad ponpes Waratsatul  Anbiya’ ke 10 merupakan momentum penting dalam merefleksi dan mengevaluasi perjalanan ponpes selama ini.

"Ponpes berperan aktif mencerdaskan generasi muda bangsa, Maka dari itu,  ada sejumlah fungsi yang harus dilakukan oleh Ponpes mulai dari transmisi ilmu, agen perubahan dan merawat keIndonesiaan (persatuan dan kesatuan)," jelas Afrizen.
Sementara itu, Pimpinan Ponpes Waratsatul Anbiya’, Tengku Dalmarison mengatakan saat ini ada lebih kurang 227 santri yang tengah menuntut ilmu di ponpes Waratsatul Anbiya'. Dan pada tahun ajaran baru ini, juga telah mendaftar lebih kurang 140 santri.

baca juga: Pemko Solok Salurkan Bantuan dari Pegadaian Solok

"Meski masih terbatas dari segi sarana prasarana tapi tidak menghambat para santri untuk berprestasi hingga ke tingkat nasional. 10 tahun berdiri telah banyak peningkatan yang dibuat ponpes Waratsatul Anbiya," ungkapnya.

Hingga kini, tercatat sudah ada 3 Pondok pesantren yang aktif beroperasi di kota Solok diantaranya Ponpes Al-Mumtaz, Waratsatul Anbiya dan Darut Thalib. Ketiga pondok pesantren memiliki karakteristik tersendiri.

[Syafriadi]

Penulis: Khadijah