Hattrick, Pemko Solok Raih Opini WTP Tiga Kali Berturut-turut

Wawako Solok Reinier dan Ketua DPRD Yutriscan usai menerima LHPK Kota Solok dari Ketua BPK-RI Perwakilan Sumbar,áPemut Aryo Wibowo
Wawako Solok Reinier dan Ketua DPRD Yutriscan usai menerima LHPK Kota Solok dari Ketua BPK-RI Perwakilan Sumbar, Pemut Aryo Wibowo (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Usaha Pemerintah Kota (Pemko) Solok dalam memaksimalkan sistem pengelolaan keuangan daerah kembali mendapat pengakuan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumbar.

Kota Solok kembali berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI Perwakilan Sumbar terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun anggaran 2018.

baca juga: Jelang Lebaran, ASN Pemko Solok Berbagi Paket Sembako

Raihan WTP kali ini terbilang spesial lantaran kota Solok berhasil mencatatkan dirinya sebagai penerima WTP tiga kali secara beruntun dimasa kepemimpinan Walikota H. Zul Elfian dan Wawako Reinier.

Laporan Hasil Pemeriksaan Keuangan (LHPK) tersebut, diserahkan langsung oleh Kepala BPK Perwakilan Sumbar, Pemut Aryo Wibowo kepada Wakil Wali Kota Solok Reinier yang turut didampingi ketua DPRD, Yutris Can di ruang Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Sumbar, Senin (29/04).

baca juga: Kasus COVID-19 di Kotobaru Solok, 60 Orang Negatif, 3 Orang Uji Ulang

Pemut Aryo Wibowo menyebutkan, berdasarkan UU Nomor 15 Tahun 2004 dan UU Nomor 15 Tahun 2006, Pihak Badan Pemeriksa Keuangan telah memeriksa Laporan Keuangan Pemerintah Kota Solok Tahun Anggaran 2018.

Pemeriksaan yang dilakukan meliputi Neraca tanggal 31 Desember 2018, Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih, Laporan Operasional, Laporan Arus Kas, dan Laporan Perubahan Ekuitas untuk tahun yang berakhir pada tanggal tersebut, serta Catatan atas Laporan Keuangan.

baca juga: 4 Warga Solok Dihadang Harimau, Evakuasi Berlangsung Dramatis

Pemeriksaan itu, dilakukan untuk memberikan opini atas kewajaran Laporan Keuangan Pemerintah Kota Solok dengan memperhatikan kesesuaian laporan dengan Standar Akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, efektivitas sistem pengendalian intern, dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

"Berdasarkan pokok-pokok hasil pemeriksaan atas laporan keuangan Pemerintah Kota Solok Tahun 2018, BPK Perwakilan Sumatera Barat memberikan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kepada Pemerintah Kota Solok ," ungkap Pemut.

baca juga: Pemko Solok Salurkan Bantuan dari Pegadaian Solok

Terhadap hasil itu, Wali Kota Solok Zul Elfian mengatakan opini WTP yang diraih bukan semata-mata suatu penghargaan bagi Pemerintah Kota Solok , tapi merupakan bentuk sebuah tanggung jawab pemerintah dalam mengelola keuangan daerah.

"Kita terus berupaya melakukan  pengelolaan sistem keuangan yang  baik, bersih dan akuntabel dan Alhamdulillah, untuk ketiga kalinya mendapat pengakuan dari pihak BPK-RI Perwakilan Sumbar," sebut Zul Elfian.

Kendati demikian, Zul Elfian meminta seluruh pihak terkait untuk sesegera mungkin menindaklanjuti sejumlah penekanan yang diberikan pihak BPK-RI, sehingga sistem pengelolaan keuangan kota Solok semakin baik kedepannya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Solok Reinier, mengaku sangat bersyukur atas Raihan opini WTP yang kembali diraih kota Solok . Menurutnya, hasil yang diraih tidak terlepas dari kerja keras semua pihak.

"Alhamdulillah, Pemerintah Kota Solok mampu mempertahankan predikat WTP dari BPK-RI, namun demikian, masih banyak hal-hal yang perlu diperbaiki kedepannya agar lebih baik," ungkap Reinier.

Ketua DPRD Kota Solok Yutris Can menilai, banyak masukan-masukan positif dari pihak BPK-RI Perwakilan Sumbar atas hasil yang kita raih hari ini (Opini WTP). Kedepan, tentu semua tentu menunggu tindak lanjut atas penghargaan yang diraih

"Harus ada suatu komitmen bersama dalam menjaga, memelihara dan ikut mempertanggungjawabkan keuangan pemerintah daerah sesuai dengan aturan dan UU yang berlaku," pesan Yutriscan.

[Syafriadi]

Penulis: Khadijah