Menolak Dipindahkan, Pedagang Pasar Pabukoan Datangi Balaikota Solok

"Pantauan KLIKPOSITIF, perwakilan para pedagang yang diperkirakan sekitar 30 orang lebih mendatangi kantor Balaikota Solok sekitar pukul 10.00 WIB"
Wawako Solok, Reinier didampingi Sekda dan Kadis Perkop-UKM berdialog dengan perwakilan pedagang pasar pabukoan kota Solok (KLIKPOSITIF/Syafriadi)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Jelang memasuki bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah, puluhan pedagang pasar pabukoan kota Solok mendatangi Kantor Balaikota Solok, Selasa (30/4). Para pedagang mengadukan nasibnya mereka lantaran dipindahkannya lokasi pasar pabukoan ke belakang tribun lapangan merdeka.

Pantauan KLIKPOSITIF, perwakilan para pedagang yang diperkirakan sekitar 30 orang lebih mendatangi kantor Balaikota Solok sekitar pukul 10.00 WIB. Namun tidak ada pejabat yang bisa ditemui. Baru sekitar pukul 14.30 Wib, para pedagang diterima oleh Wakil Walikota Solok yang baru saja datang di ruang rapat Wako Solok.

Dalam pertemuan dengan Wawako Reinier, pedagang mengaku keberatan dengan relokasi pasar pabukoan ke belakang tribun lapangan merdeka kota Solok. Pedagang berdalih, lokasi tersebut tidak strategis untuk berjualan pabukoan.

"Lokasinya sangat jauh dari pasar raya Solok, dan jika pasar pabukoan diadakan di belakang tribun lapangan merdeka terancam sepi pengunjung dan dampaknya tentu kami yang merasakan," sebut salah seorang pedagang, Teten.

Idealnya, menurut para pedagang, pasar pabukoan memang berada di lokasi pasar raya Solok sehingga masyarakat yang berbelanja kebutuhan lain di pasar raya bisa dengan mudah ke lokasi pasar pabukoan. Tanpa memakan waktu dan biaya tambahan lagi.

Sementara, kalau lokasinya jauh dari pasar raya, tentu masyarakat berpikir dua kali untuk berkunjung ke lokasi pasar pabukoan, jaraknya pun juga cukup jauh, perlu tambahan biaya lagi sehingga pasar pabukoan terancam sepi pengunjung.

Para pedagang mengaku, sejak kurun waktu beberapa tahun belakang, pasar pabukoan yang dulunya berada di dalam pasar raya Solok selalu berpindah-pindah. Mulai dari jalan cengkeh, Pasar semi modern dan jalan lingkar pasar raya.

Terhadap pemidahan lokasi pasar pabukoan, Wakil Walikota Solok, Reinier mengaku belum mengetahui hal tersebut. Namun menurutnya, keputusan yang diambil oleh pemerintah ... Baca halaman selanjutnya