Batik Sisiak Ikan Karya Peserta BLK Lubuk Sikaping Tampil di Inacraft 2019

"Sebuah karya warisan budaya dari ranah Tuanku Imam Bonjol Pasaman di pajang berjejeran yakni Batik khas daerah Pasaman karya siswa pelatihan Balai Latihan Kerja (BLK) Lubuk Sikaping"
Batik sisiak ikan (Ist)

JAKARTA, KLIKPOSITIF - Ada hal unik yang baru di stand Inacraft 2019 di Hall B Jakarta Convention Centre (JCC) Senayan Jakarta tepatnya Stand Dekranasda Kabupaten Pasaman, Kamis 25 April 2019.

Sebuah karya warisan budaya dari ranah Tuanku Imam Bonjol Pasaman di pajang berjejeran yakni Batik khas daerah Pasaman karya siswa pelatihan Balai Latihan Kerja (BLK) Lubuk Sikaping, yakni Batik Sisiak Ikan Equator.

Selain pertama kali, penampilan Produk Batik khas daerah Pasaman ini juga menjadi momentum pengenalan ke khalayak ramai terutama para perantau Pasaman agar mengetahui bahwa sudah ada Batik Khas Kabupaten Pasaman.

Haryadi, Kepala BLK Lubuk Sikaping yang ikut serta membawa batik tersebut ke Pameran menyampaikan terimakasih kepada Dekranasda Kabupaten Pasaman atas kesempatan yang diberikan kepada BLK "Kita berterima kasih karena hasil karya siswa BLK dibawa ke Pameran Inacraft ini" sebut Haryadi.

Haryadi juga menuturkan terimakasih kepada Kepala BLK Padang perwakilan Kamneker RI di Sumbar yang telah memberikan program pelatihan membatik ini.

Awalnya dikatakan Haryadi sempat ragu untuk melaksanakan pelatihan membatik ini di Pasaman. "Alhamdulillah hasilnya produk karya siswa ini bisa di pamerkan, tidak terbayang sebelumnya" sebut Haryadi.

Haryadi juga menjelaskan, bahwa Batik Sisiak Ikan ini menjadi produk siswa BLK karena didorong dan dimotivasi langsung oleh Kemnaker RI melalui program BLK Padang.

Ia berharap batik ini menjadi produk andalan Kabupaten Pasaman dimasa mendatang. "Siswa siswa yang sudah dilatih di BLK diharapkan kedepan dapat memproduksi batik khas Pasaman sebanyak banyaknya".

Batik "Sisiak Ikan Equator" usai dikemas dengan berbagai jenis warna batik ini merupakan produk batik hasil ngetrok, canting dan tulis serta lukis yang pewarnaannya dilakukan melalui pengeliran celup, colet dan lukis.

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Pasaman, selain ... Baca halaman selanjutnya