1.596 Santri di Pasaman Ikuti Pawai Akbar Khatam Alquran

"pawai Khatam Al Qur’an salah satu kegiatan yang didorong oleh Pemerintah Kabupaten Pasaman untuk mensyiarkan kegiatan keagamaan dalam upaya membumikan AlQur’an di Bumi Pasaman."
Bupati Pasaman, Yusuf Lubis bersama peserta pawai (Ist)

PASAMAN, KLIKPOSITIF - Sebanyak 1.596 santri mengikuti pawai akbar Khatam Alquran di halaman Kantor Bupati Pasaman di Lubuk Sikaping, Minggu 21 April 2019. Kali ini tema Dengan Pawai Khatam Al Qur’an Akbar Mari Kita Bangun Ukhuwah Islamiyah dan Semangat Belajar Mengajar AlQuran Demi Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pasaman Yang Sejahtera, Agamis dan Berbudaya.

Ribuan peserta tersebut terdiri dari 35 MDTA, 33 MDTA Kecamatan Lubuk Sikaping, 1 MDTA Kecamatan Rao Selatan, 1 MDTA Kecamatan Bonjol dan 11 TPQ/TPSQ se-Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman.

Bupati Pasaman, Yusuf Lubis menyebutkan, pawai Khatam Al Qur’an salah satu kegiatan yang didorong oleh Pemerintah Kabupaten Pasaman untuk mensyiarkan kegiatan keagamaan dalam upaya membumikan AlQur’an di Bumi Pasaman.

“Khatam AlQur’an pertanda bahwa anak-anak telah menamatkan pendidikan membaca AlQur’an, namun kegiatan membaca AL Qur’an tidak boleh berhenti. Lantunan suara para pembaca dan penghafal AlQur’an harus selalu kita dengar dari rumah-rumah, dari Mesjid dan dari Mushalla sejalan dengan kegiatan Magrib Mengaji,” jelas bupati.

Menurut Yusuf, Pemerintah Kabupaten Pasaman memberikan apresiasi dan penghargaan atas terlaksanaanya acara Khatam ALQur’an dan pawai hari ini.

"Ini terlaksana berkat kerja yang sungguh-sungguh, ikhlas dan konsisten dari para guru, ustadz, ustadzah dalam mendidik dan membina para Santri," ujarnya.

Sementara, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman, H. Dedi Wandra kegiatan pawai yang digelar oleh panitia pelaksana berada dibawah koordinasi Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kabupaten Pasaman, dan dapat digelar rutin setiap tahun untuk syiarnya Agama Islam di bumi Pasaman.

Dedi Wandra berharap, pawai khatam Al Qur’an seperti ini dapat dilaksanakan bukan hanya tingkat kecamatan seperti saat ini.

"Syiar yang lebih besar akan ... Baca halaman selanjutnya