Bawaslu Kota Solok Ajak Masyarakat dan Peserta Pemilu Tolak Politik Uang

"Pesta Demokrasi yang semestinya berjalan jujur, adil, bermartabat dan berkualitas akan tercoreng dengan adanya bentuk politik transaksional yang dilakukan oleh pihak-pihak yang ingin meraih kekuasaan secara instan"
Tolak politik uang, Wako Zul Elfian dan Wawako Reinier ikut membubuhkan tanda tangan dukungan (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Menyonsong Pemilihan Umum Serentak 17 April 2019, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Solok mengajak seluruh elemen masyarakat dan peserta pemilu untuk menolak berbagai bentuk praktek politik uang.

Ketua Bawaslu Kota Solok, Triati dalam apel patroli pengawasan pemilu 2019 di Balai Kota Solok, Jum'at (12/4) mengatakan, politik uang menjadi salah satu ancaman berbahaya yang dapat merusak pesta demokrasi.

"Pesta Demokrasi yang semestinya berjalan jujur, adil, bermartabat dan berkualitas akan tercoreng dengan adanya bentuk politik transaksional yang dilakukan oleh pihak-pihak yang ingin meraih kekuasaan secara instan," ungkap Triati.

Pemilu serentak 2019, ulas Triati, idealnya menjadi sebuh pendidikan politik yang baik bagi masyarakat. Pemilih semestinya bisa menyampaikan hak suara dengan lebih mengedepankan penilaian terhadap program, visi dan misi serta integritas calon.

Disamping politisasi sara, hoax dan ujaran kebencian, Politik uang menjadi musuh yang perlu diwaspadai oleh semua pihak. Untuk itu, Bawaslu sebagai unsur pengawas mengajak seluruh elemen masyarakat untuk proaktif melawan upaya politik uang.

Hal senada dikatakan Walikota Solok, H. Zul Elfian, masyarakat jangan mudah dibujuk dan dirayu dengan kesenangan yang sifatnya sementara, tapi ingat, dampaknya akan dirasakan dalam lima tahun kedepannya, bahkan bisa berlanjut.

"Dengan adanya praktik politik uang, secara tidak langsung masyarakat telah "menjual" hak suaranya sehingga saat masyarakat menyampaikan aspirasi terhadap orang yang mereka pilih menjadi wakilnya akan lemah," sebut Zul Elfian.

Kendati demikian, Zul Elfian sangat yakin, masyarakat kota Solok sudah sangat ... Baca halaman selanjutnya