Pedagang Kantin Sekolah Kota Solok Diminta Jual Jajanan Sehat

"para pedagang makanan atau jajanan bagi pelajar di sekolah harus selektif dalam memilih penggunaan bahan yang aman untuk dikonsumsi"
Wawako Solok, Reinier ingatkan pedagang kantin untuk menghindari penggunaan bahan tambahan makanan berbahaya. (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Sediakan jajanan sehat bagi pelajar, puluhan pedagang makanan yang berjualan di berbagai kantin sekolah kota Solok mendapat pencerahan terkait ancaman penggunaan bahan tambahan pangan berbahaya.

Untuk lebih memberikan pemahaman  pada pedagang, Sosialisasi yang dilangsungkan di Aula kantor lurah VI Suku, Kota Solok tersebut menghadirkan narasumber dari Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Padang, Yon Firman.

Wakil Walikota Solok, Reinier yang membuka langsung kegiatan tersebut mengatakan, para pedagang makanan atau jajanan bagi pelajar di sekolah harus selektif dalam memilih penggunaan bahan yang aman untuk dikonsumsi.

"Pedagang makanan di sekolah-sekolah kota Solok harus memastikan makanan yang dijual sehat dan bebas dari zat atau bahan pangan berbahaya lainnya," ungkap Reinier, Kamis (11/4).

Ditegaskan Reinier, jangan sampai usaha para pedagang dalam memenuhi kebutuhan keluarga malah harus berurusan dengan pihak berwajib lantaran lalai dalam memilih dan menggunakan bahan makanan yang dijual.

"Pastikan dulu makanan yang kita jual higienis dan tidak kadaluarsa atau basi, dengan menjual jajanan yang sehat bagi anak, para pedagang telah membantu dalam mendorong prestasi pelajar kota Solok," cetusnya.

Pihaknya juga meminta masing-masing sekolah untuk ikut mengawasi jajanan yang dijual pedagang kantin dalam mewujudkan kantin sekolah yang sehat bagi para pelajar dan penghuni sekolah.

"Dinas terkait juga harus sering melakukan pengecekan sehingga ada bentuk pencegahan yang dilakukan. Dengan pengawasan dan kesadaran para pedagang tentu memberikan jaminan keamanan terhadap makanan yang dijual," tutup Reinier.

Seperti ... Baca halaman selanjutnya