Wawako Solok: Peringatan HUT Damkar, Satpol PP dan Satlinmas Momentum Evaluasi

Wawako Solok, Reinier menjadi Irup dalam Upacara peringatan HUT Damkar, Satpol-PP dan Satlinmas kota Solok 2019
Wawako Solok, Reinier menjadi Irup dalam Upacara peringatan HUT Damkar, Satpol-PP dan Satlinmas kota Solok 2019 (Ist)

SOLOK KOTA , KLIKPOSITIF - Peringatan Hari Ulang Tahun ke-100 Damkar, HUT ke-69 Satpol PP, dan HUT ke-57 Satlinmas menjadi momentum memperbaharui semangat untuk meningkatkan dedikasi dalam mewujudkan ketenteraman, keamanan, serta ketertiban bagi masyarakat.

"Peringatan Hari Ulang Tahun tentu tidak hanya momentum untuk mengenang masa lalu, namun sebagai sarana evaluasi dalam meningkatkan dedikasi terhadap masyarakat, bangsa dan negara," sebut Reinier ketika menjadi Inspektur Upacara peringatan HUT Damkar, Pol-PP dan Satlinmas di Balaikota Solok , Senin (8/4).

baca juga: Pemko Solok Bagikan Sembako Bagi Relawan

Dalam amanat Mentri Dalam Negri yang disampaikannya, Reinier menjelaskan keberadaan Damkar, Satpol-PP dan Satlinmas merupakan komponen penting dalam melindungi setiap hasil pembangunan serta perlindungan terhadap masyarakat.

Tujuan akhir dari seluruh fungsi tersebut, dapat mendorong terciptanya situasi lingkungan yang aman dan tentram sehingga masyarakat bisa bekerja dan berusaha dengan baik dalam meningkatkan kesejahteraannya.

baca juga: Tenggelam di Embung, Seorang Pelajar Solok Meninggal Dunia

"Peran penting ketiga elemen ini tergambar jelas dari fungsi dan tanggungjawab yang diemban selama ini, dan semuanya sama-sama sangat dibutuhkan oleh masyarakat," papar Reinier.

Pemadam Kebakaran sangat berperan dalam melakukan pencegahan, pengendalian, penyelamatan, dan penanganan bahan berbahaya beracun kebakaran, melakukan inspeksi dan investigasi kejadian kebakaran.

baca juga: Tagana Kota Solok Kembangkan Budikdamber, Alternatif Usaha di Tengah Wabah Corona

Dan tak kalah penting, dalam mencegah terjadinya musibah kebakaran, Damkar dituntut melakukan pemberdayaan terhadap masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran, serta penyelamatan dalam kondisi yang membahayakan manusia.

Begitu juga dengan Satuan Polisi Pamong Praja, dibentuk untuk menegakkan dan menjalankan Peraturan Daerah (Perda) dan peraturan Kepala Daerah (Perkada), menyelenggarakan ketertiban umum dan ketenteraman, serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat.

baca juga: Kota Solok Gelar Kompetisi Inovasi New Normal, Hadiahnya Puluhan Juta

Sementara itu, Satlinmas secara khusus dibentuk dan disiapkan untuk ikut memelihara ketenteraman ketertiban masyarakat, membantu penanganan ketenteraman ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu, serta membantu upaya pertahanan negara.

"Ketiga elemen ini juga diminta terlibat aktif dalam menyukseskan berbagai agenda nasional bangsa lndonesia, seperti Pemilu Serentak 2019 sebagi bagian penting dalam kehidupan berdemokrasi," tutup Reinier.

Upacara yang diikuti oleh Pimpinan DPRD, Unsur OPD, Forkompinda, Pelajar, Mahasiswa dan masyarakat itu turut disuguhi dengan demonstrasi penanganan kasus kebakaran oleh personil Damkar kota Solok .

[Syafriadi]

Penulis: Khadijah