Investor Korea Selatan-Pemkab Pasaman Kerjasama Pengembangan Tanaman Kenaf

"tujuan dari program kerja sama ini untuk pengembangan tanaman kenaf di daerah tersebut untuk memenuhi kebutuhan bahan baku industri SJ Global Ltd."
Investor Korea Selatan Jalin Kerjasama dengan Pemkab Pasaman (Ist)

PASAMAN, KLIKPOSITIF - Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman menjalin kerjasama melalui Memorandum of Understanding (MoU) dengan perusahaan asal Korea Selatan (Korsel) yakni PT SJ Global Ltd yang ingin berinvestasi di daerah itu dalam hal pengembangan tanaman kenaf.

Kerjasama itu telah dituangkan melalui penandatanganan MoU oleh Bupati Pasaman, Yusuf Lubis dengan Mr Shin Myunghwan selaku President SJ Global Ltd bertempat di ruang Bupati Pasaman, Selasa 19 Maret 2019.

Bupati Pasaman, Yusuf Lubis mengatakan tujuan dari program kerja sama ini untuk pengembangan tanaman kenaf di daerah tersebut untuk memenuhi kebutuhan bahan baku industri SJ Global Ltd.

"Penandatanganan MoU ini dimaksudkan sebagai tanda keseriusan antara pihak pertama dengan pihak ke dua untuk membangun kerjasama yang saling menguntungkan dalam rangka pengembangan tanaman kenaf di Kabupaten Pasaman," jelasnya.

Kata Bupati, tujuan MoU ini adalah untuk membangun kemitraan yang saling menguntungkan antara pihak pertama dan pihak kedua dalam rangka usaha pengembangan tanaman kenaf.

Menurutnya, ada keuntungan dalam kerja sama itu yakni adanya perusahaan yang membuka ruang investasi di Ranah Pasaman ini terutama dalam hal pengembangan tanaman kenaf.

"Ke depan akan ada pengembangan tanaman kenaf dalam program ini dan kita harapkan, dengan kerjasama ini ekonomi masyarakat di daerah kita terbantu oleh investor dari Korea Selatan tersebut," ujarnya.

Mr Shin Myunghwan selaku President SJ Global Ltd mengatakan, Tanaman kenaf (Hibiscus cannabinus L.) mempunyai peranan yang cukup penting bagi perekonomian Indonesia. Kenaf merupakan salah satu jenis tanaman penghasil serat selain rosela (Hibiscus sabdariffa) dan yute (Corchorus capsularis).

"Tanaman kenaf itu sejenis tanaman yang sangat mudah hidup, baik dilahan mati suri intinya kena cahaya matahari 4 bulan tanaman tersebut bisa di panen," katanya.

Kata dia, berdasarkan hasil ... Baca halaman selanjutnya