Benahi Batang Lembang, Kota Solok Dapat Suntikan Dana Pusat

"Pembenahan bantaran kawasan Batang Lembang akan sangat membantu dalam penanggulangan persoalan banjir yang selama ini melanda wilayah kota dan kabupaten Solok"
Wako Solok Zul Elfian meninjau kesiapan pengerjaan proyek pembenahan bantaran Batang Lembang di kota Solok (KLIKPOSITIF/Syafriadi)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Kota dan kabupaten Solok kembali kecipratan bantuan dana dari pusat dalam pengendalian banjir Batang Lembang. Sedikitnya 7 Milyar lebih dana digelontorkan pemerintah untuk membenahi bantaran Sungai yang membelah kedua daerah pada tahun anggaran 2019

Pengerjaan bantaran sungai tersebut merupakan lanjutan dari proyek serupa pada tahun 2018 lalu yang dilakukan di kawasan KTK, kota Solok. Dengan lanjutan pengerjaan tersebut, lebih kurang1 Kilometer bantaran sungai Batang Lembang telah dibenahi.

Walikota (Wako) Solok Zul Elfian mengaku sangat bersyukur dengan perhatian pemerintah pusat terhadap persoalan yang dihadapi masyarakat di daerah, terutama masalah banjir yang memang kerap menghantui warga kala musim hujan tiba.

"Pembenahan bantaran kawasan Batang Lembang akan sangat membantu dalam penanggulangan persoalan banjir yang selama ini melanda wilayah kota dan kabupaten Solok," sebut Zul Elfian, Jum'at (15/3) ketika Groundbreaking proyek di Bantaran Batang Lembang.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kasubdit Sungai Wilayah Barat Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Asdin Julaidy, Ketua Komisi II DPRD Kota Solok Daswippetra Dt. Manjinjiang Alam dan unsur Forkompinda.

Menurut Walikota, selain sebagai langkah dalam meminimalisir banjir di kota Solok, pembenahan Batang Lembang juga sekaligus memperindah lingkungan karena posisinya persis ditengah kota.

Bahkan, kedepannya, Pemerintah kota Solok juga menarget kawasan Batang Lembang yang telah dibenahi secara bertahap melalui dana pusat dan provinsi itu untuk dikembangkan sebagai kawasan wisata air.

"Kita berharap pembangunan kawasan bantaran Batang Lembang di kota Solok terus ... Baca halaman selanjutnya