Maksimalkan Pengelolaan Arsip, Pemko Solok Canangkan GNSTA

"pengelolaan arsip yang tertib melalui penyimpanan dan kemudahan akses informasi merupakan bukti akuntabilitas sekaligus bentuk pertanggungjawaban instansi/lembaga dalam penyelengaraan negara."
Didampingi Kepala ANRI, Wako Solok memukul Gong tanda dicanangkannya GNSTA di Kota Solok (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Tertib dalam pengelolaan arsip menjadi instrumen penting dalam mewujudkan birokrasi yang bersih, efektif dan efisien, serta birokrasi yang melayani dan berkualitas. Hal ini harus disadari oleh setiap organisasi perangkat daerah.

Menurut Wako Solok, Zul Elfian, pengelolaan arsip yang tertib melalui penyimpanan dan kemudahan akses informasi merupakan bukti akuntabilitas sekaligus bentuk pertanggungjawaban instansi/lembaga dalam penyelengaraan negara.

"Kita sadari, Arsip masih dipandang sebelah mata, tak hanya bagi organisasi tetapi juga dalam birokrasi pemerintahan, padahal itu sangat penting," ungkap Zul Elfian kala pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Administrasi (GNSTA), Rabu (13/3) di Hotel Taufina.

Dengan adanya pencanangan tersebut, menurut Zul Elfian, menjadi langkah awal dalam penertiban sarana-prasarana dan pengelolaan pendanaan kearsipan, serta membangun komitmen dan menumbuh kembangkan gerakan nasional sadar arsip.

Hal ini merujuk kepada Peraturan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip. Bahkan, Pentingnya tertib arsip ditegaskan dalam bentuk salah satu komponen dalam penilaian reformasi birokrasi.

Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Nomor 30 Tahun 2018 tentang perubahan atas peraturan Menteri Pendayagunaaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2014 Tentang Pedoman Reformasi.

Sementara itu, Kepala ANRI, Dr. Mustari Irawan menyampaikan, selain untuk membangun kesadaran tentang pentingnya tertib mengelola arsip, GNSTA juga sekaligus mengajak semua pihak menyelamatkan ... Baca halaman selanjutnya