Sekda Pasaman: Tunas-tunas Bangsa Tumbuh Melalui Gerakan Pramuka

"tugas pokok Gerakan Pramuka adalah menyelenggarakan kepramukaan bagi generasi muda guna menumbuhkan tunas-tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggungjawab sehingga dapat mengisi kemerdekaan dan membangun dunia yang lebih baik"
Pembukaan kursus Mahir Dasar Pembina (KMD Mandiri) se Kabupaten Pasaman Kwartir Cabang 0308/Pasaman (Ist)

PASAMAN, KLIKPOSITIF - Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman yang juga Ketua Kwartir Cabang 0308 Pasaman, Mara Ondak mengatakan dalam membina dan membentuk karakter generasi muda tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Bermacam-macam cara telah dilakukan, baik melalui bermacam organisasi-organisasi kepemudaan, tapi semua itu belum begitu maksimal.

Oleh sebab itu pemerintah Kabupaten Pasaman bersama Kwartir Cabang Gerakan Pramuka 0308/Pasaman mempunyai harapan besar kepada seluruh pembina pramuka di daerah ini agar dapat bersama-sama membina dan memumpuk karakter anak-anak bangsa dengan kegiatan Kepramukaan.

Hal itu dikatakan Mara Ondak saat membuka Kursus Mahir Dasar Pembina (KMD Mandiri) se-Kabupaten Pasaman Kwartir Cabang 0308/Pasaman bertempat di Aula Gedung Pertemuan UDKP Bonjol, Sabtu 9 Maret 2019.

Menurut Mara Ondak, tugas pokok Gerakan Pramuka adalah menyelenggarakan kepramukaan bagi generasi muda guna menumbuhkan tunas-tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggungjawab sehingga dapat mengisi kemerdekaan dan membangun dunia yang lebih baik.

“Tanggung jawab pembina pramuka sangat berat karena menjadi panutan dan keteladanannya di tiru peserta didik. Untuk itu saya harapkan pembina pramuka ikhlas berbakti membina anak bangsa, berbudi luhur dan memberi kebajikan serta menepati janji satunya kata dan perbuatan,” pintanya.

Dalam kesempatan itu, Ka Kwarcab juga mengajak seluruh peserta KMD yang sehari-hari nya berasal dari guru, baik guru SD, SLTP, dan SLTA ini, selalu berdiri dihadapan anak-anak kita, menjadi contoh dan panutan generasi muda. Perkaya ilmu pengetahuan, keterampilan dan pengalaman, ikutilah kursus ini dengan baik, disiplin dan penuh semangat.

Sekretaris Kwarcab 0308/Pasaman, Nazri Chan dalam laporannya mengatakan, tujuan KMD adalah untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan untuk membina satuan pramuka di gugus depan masing-masing serta ... Baca halaman selanjutnya