Gerakkan Ekonomi Masyarakat, Kota Solok Terus Kembangkan Produk Kerajinan

"Meski terbilang cukup minim Sumber Daya Alam (SDA) dibanding daerah lain, tidak menjadi alasan bagi kota Solok untuk harus tertinggal"
Ketua Dekranasda kota Solok, Ny. Zulmiyetty Zul Elfian perkenalkan produk batik karya pengrajin kota Solok. (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Meski terbilang cukup minim Sumber Daya Alam (SDA) dibanding daerah lain, tidak menjadi alasan bagi kota Solok untuk harus tertinggal. Berbagai inovasi dilakukan menutup kekurangan tersebut.

Salah satu langkah yang diupayakan dalam menggerakkan ekonomi dan pariwisata kota Solok dengan melahirkan berbagai produk kerajinan seperti songket, batik, Sulaman khas daerah.

"Tahun 2016 lalu, kita berhasil meluncurkan batik khas Kota Solok," sebut Ketua Dekranasda kota Solok, Ny. Zulmiyetty Zul Elfian saat menerima kunjungan tim identifikasi UKM Provinsi Sumbar, Senin (11/3) di Rumah Dinas Wako Solok.

Bahkan motif batik khas Solok tersebut juga sudah diproduksi dan dijadikan pakaian dinas resmi bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemerintah Kota Solok.

Hal itu dilakukan sebagai upaya dalam menggerakkan ekonomi kerajinan batik di kota Solok. Bahkan Sedikitnya, tahun 2016 lalu, 3400 seragam batik yang diproduksi pengrajin kota Solok telah digunakan pegawai daerah.

Ny. Zulmiyetty Zul Elfian berharap, selain menggerakkan ekonomi masyarakat, kerajinan yang dikembangkan di kota Solok juga mampu menarik kunjungan wisatawan ke kota Beras Serambi Madinah.

Selain difasilitasi gerai promosi, produk-produk kerajinan yang dihasilkan oleh tangan pengrajin kota Solok terus dipromosikan dalam berbagai ajang kegiatan, baik nasional maupun internasional.

"Dengan fasilitasi dan promosi produk kerajinan daerah, kita harap masyarakat luar akan lebih melirik kota Solok," papar Zulmiyetty Zul Elfian sembari memperkenalkan batik khas kota Solok.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Provinsi, Ny. Nevy Irwan Prayitno mengajak UKM yang ada di berbagai daerah di Sumatera Barat terus mengembangkan potensi dengan memanfaatkan sumber daya lokal.

"Manfaatkan sumber daya lokal daerah dan tentunya UKM harus lebih agresif lagi meningkatkan ... Baca halaman selanjutnya