Sosialisasi BPNT, Wawako Solok Minta KPM Gunakan Bantuan Sesuai Peruntukan

"Pemko Solok meminta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) untuk tidak menyalahgunakan bantuan yang diterima. "
Wawako Solok, Reinier minta semua pihak ikut kawal penyaluran BPNT Kota Solok. (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Pemerintah kota (Pemko) Solok meminta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) untuk tidak menyalahgunakan bantuan yang diterima. Manfaatkan sesuai peruntukannya.

"Dana bantuan sosial BPNT yang digelontorkan pemerintah melalui Kartu Keluarga Sejahtera diperuntukkan untuk membeli beras dan telur," ungkap Wakil Walikota Solok, Reinier saat sosialisasi BPNT, Senin (11/3) di SKB Tembok, kelurahan Nan Balimo.

Untuk mempermudah masyarakat kurang mampu dalam memenuhi kebutuhannya dan mencegah penyelewengan, pemerintah daerah juga sudah menyediakan beras dan telur melalui e-Waroeng, yang memang sudah bekerjasama dengan Bank penyalur bantuan.

Mekanisme penyaluran itu dilakukan agar bantuan yang diberikan dapat tepat sasaran, tepat waktu dan tepat administrasi dalam mendorong terwujudnya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Diakui Reinier, Program BPNT merupakan program pemerintah pusat yang sudah mulai berjalan sejak April tahun 2018 lalu di kota Solok. Dan sangat membantu pemerintah daerah menangani angka kemiskinan di kota Solok.

"Hal ini terbukti dengan terus menurunnya angka kemiskinan di Kota Solok, dan program ini perlu kita optimalkan untuk masa yang akan datang sehingga lebih banyak lagi masyarakat yang terbebas dari kemiskinan," ungkap Reinier.

Kendati dengan segudang manfaat bagi keluarga miskin, Reinier tidak menampik masih ada berbagai persoalan ditengah masyarakat terkait penyaluran BPNT. Mulai dari masalah data penerima yang tidak cocok, Kartu KKS yang hilang/rusak, jaringan, penyalahgunaan bantuan, dan lainnya.

Perlu kerjasama semua pihak, terlebih tim koordinasi hingga petugas dilapangan yang ... Baca halaman selanjutnya