Dibimbing Kemenristekdikti-RI, Minyak Atsiri Kota Solok Berpeluang Go Internasional

"Jika kota Solok ingin produk minyak Atsiri yang dihasilkan bisa Go Internasional, kami punya fasilitasnya"
kunjungan Direktur Lembaga Penelitian dan Pengembangan Kemenristekdikti, Kemal Prihatman bersama tim ketika audiensi dengan Wawako Solok Reinier dan para petani, Kamis (8/11) di kantor Balaikota Solok. (Ist)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Pengembangan usaha minyak Atsiri Serai Wangi di kota Solok mendapat angin segar. Kemeristekdikti RI malalui Lembaga Penelitian dan Pengembangan bakal memfasilitasi produk minyak Atsiri untuk bisa merancah pasar internasional.

Hal itu mencuat dalam kunjungan Direktur Lembaga Penelitian dan Pengembangan Kemenristekdikti, Kemal Prihatman bersama tim ketika audiensi dengan Wakil Wali Kota (Wawako) Solok Reinier dan para petani, Kamis (8/11) di kantor Balaikota Solok.

Dalam pertemuan itu, Kemal Prihatman menjelaskan, peluang untuk minyak Atsiri Serai Wangi kota Solok terbuka lebar dengan catatan, produk-produk yang dihasilkan harus berkualitas dan unik.

"Jika kota Solok ingin produk minyak Atsiri yang dihasilkan bisa Go Internasional, kami punya fasilitasnya," sebut Kemal Prihatman yang turut didampingi kepala Subdirektorat Penelitian dan pengembangan daerah, Rosmaniar Dini.

Untuk menggali keunikan dan kualitas produk yang dihasilkan petani kota Solok, tim Litbang Kemeristekdikti akan melakukan penelitian sekaligus pendampingan terhadap produk minyak Atsiri yang dihasilkan.

Dijelaskan Kemal, Januari 2019 nanti, Lembaga Penelitian dan Pengembangan Kemenristekdikti akan menjaring proposal dari lembaga penelitian yang ada, kemudian dipilih 2 lembaga dengan hasil terbaik dan bakal dibawa promosi go internasional.

"Kita harap pengembangan minyak Atsiri di kota Solok terus berkelanjutan. Jika ada kendala lembaga penelitian dan pengembangan Kemenristekdikti sangat terbuka untuk membantu. Kami siap mensinergikan seluruh kegiatan yang ada guna menyukseskan minyak atsiri Kota Solok," ujarnya.

Wakil Walikota Solok, Reinier menyambut positif adanya ... Baca halaman selanjutnya