Kembangkan Varietas Tanaman Pangan, Pemko Solok Teken MoU dengan BATAN

"Adapun yang menjadi fokus pengembangan BATAN saat ini, ialah pada sektor produksi pangan dan di bidang kesehatan"
Wako Solok Zul Elfian dan Kepala BATAN Djarot Sulistio Wisnubroto usai menandatangani MoU di Aula Rumah Dinas Wako (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Memaksimalkan produksi pangan, Pemerintah kota (Pemko) Solok menjalin kerjasama dengan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN). Kerjasama difokuskan pada pemecahan persoalan tanaman padi varietas Anak Daro yang memiliki umur panen yang panjang dan mudah terserang penyakit.

Kerjasama itu ditandai dengan penandatangan Memorandum Of Understanding (MoU) yang ditandatangani langsung oleh Wali Kota (wako) Solok Zul Elfian dan kepala BATAN, Prof. Djarot Sulistio Wisnubroto, Jum'at (9/11) di Rumah Dinas Wako Solok.

Kepala BATAN, Djarot Sulistio Wisnubroto menjelaskan, pihaknya saat ini memilik 2.346 pegawai dan berada langsung dibawah komando presiden, serta koordinasi dengan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemeristekdikti).

Adapun yang menjadi fokus pengembangan BATAN saat ini, ialah pada sektor produksi pangan dan di bidang kesehatan. BATAN memilik reaktor nuklir di 3 Kota yakni Yogyakarta, Serpong, dan Bandung dan reaktor nuklir tersebut dimanfaatkan mengembangkan obat-obat kesehatan.

Sebelumnya, pihak BATAN juga telah melakukan penandatanganan MoU dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam pengembangan daya simpan produksi rendang sehingga bisa bertahan lebih lama.

"Semoga dengan adanya Mou bersama pemerintah Kota Solok, dapat meningkatkan kualitas tanaman padi kota Solok terutana varietas Anak Daro," ujarnya sambil mensosialisasikan pemanfaatan hasil penelitian dan pengembangan nuklir untuk kesejahteraan masyarakat.

Walikota Solok, H. Zul Elfian berharap, dengan adanya MoU dengan pihak BATAN, Pemerintah Kota Solok akan semakin mudah mendapatkan bimbingan pengembangan berbagai produk pangan dan kesehatan maupun produk ... Baca halaman selanjutnya