Sosialisasi KIP, Wako Solok Minta PPID Tidak Ragu Sebarluaskan Informasi

"Ada tiga hal utama yang harus dipenuhi dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik yakni Kredibilitas, Transparansi dan Partisipasi Masyakat."
Walikota Solok Zul Elfian mengajak PPID untuk mengadopsi kemajuan teknologi dalam mendukung KIP (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Memaksimalkan peran Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentas (PPID), Pemerintah Kota (Pemko) Solok kembali melaksanakan sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik, Rabu (17/10) di Gedung Kubuang Tigo Baleh.

Walikota (Wako)Solok Zul Elfian menjelaskan, guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi, setiap stakeholder PPID harus menyadari pentingnya keterbukaan informasi publik.

"Ada tiga hal utama yang harus dipenuhi dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik yakni Kredibilitas, Transparansi dan Partisipasi Masyakat. Mustahil ada transparansi jika tidak ada keterbukaan informasi," sebut Zul Elfian.

Diakui Zul Elfian, sekarang ini, PPID Kota Solok masih ada yang merasa ragu dan takut dalam menyampaikan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Untuk itu, Wako mengajak seluruh PPID kota Solok harus komit dan konsisten dalam membuka ruang keterbukaan informasi publik terhadap masyarakat dengan memanfaatkan media yang ada.

"Tidak usah takut menyampaikan informasi, Kebenaran harus kita sampaikan agar ketidakbenaran atau informasi Hoaxs tidak bertebaran dimana-mana," tegasnya.

Keterbukaan Informasi Publik menjadi salah satu indikator dalam mewujudkan pemerintahan kota Solok yang baik dan bersih. Tidak ada yang ditutup-tutupi, sehingga kepercayaan masyarakat terhadap pemerintahan bisa meningkat.

Ditegaskan Zul Elfian, partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik dan program pembangunan yang akan maupun yang tengah dilakukan.

Contohnya saja, ulas Wako, jika tidak ada partisipasi masyarakat dalam penyusunan RPJPD perubahan kemarin, maka RPJPD yang dirancang hanya sebagai catatan ... Baca halaman selanjutnya