Kunjungi Lokasi Banjir, Bupati Pasaman Minta BPBD Siapkan Data Warga Terdampak Bencana

"Kami minta kepada seluruh warga yang terdampak bencana ini bersabar atas musibah yang menimpa"
Bupati Pasaman, Yusuf Lubis bersama rombongan saat meninjau lokasi banjir (KLIKPOSITIF/Man St Pambangun)

PASAMAN, KLIKPOSITIF - Bupati Pasaman, Yusuf Lubis meninjau sejumlah lokasi yang dihantam bencana longsor dan banjir di Kabupaten Pasaman, Kamis 11 Oktober 2018 siang hingga sore. Diantaranya Kecamatan Rao Utara, Rao dan Kecamatan Rao Selatan.

Bupati Pasaman memboyong sejumlah pejabat terkait untuk melihat langsung dampak dari bencana banjir dan longsor. Seperti di Nagari Padang Mentinggi Kecamatan Rao ada jembatan gantung yang putus dan areal sawah warga yang terendam.

Setelah selesai melihat kondisi di Kecamatan Rao, rombongan yang terdiri dari Ketua DPRD Pasaman, Yasri dan sejumlah anggota DPRD, kepala BPBD Pasaman, Kepala Dinas Sosial, Dinas Pangan, Kab Humas dan lainnya langsung turun ke Kecamatan Rao Selatan.

Rombongan mengunjungi Nagari Lubuk Layang salah satu Nagari yang terparah dalam bencana banjir. Ada 8 kejorongan yang dihantam banjir, jembatan gantung yang putus, puluhan hektar sawah dan kolam ikan warga hanyut.

"Kami minta kepada seluruh warga yang terdampak bencana ini bersabar atas musibah yang menimpa. Kita Pemkab Pasaman akan mencarikan solusi dan langkah-langkah untuk penanganan bencana ini," ini sebut Yusuf Lubis.

Kemudian usai kunjungan Bupati Pasaman mengintruksikan kepada seluruh kepala dinas terkait bencana agar melakukan pendataan warga yang terdampak bencana banjir dan longsor di Pasaman.

Hingga hari ini 10 kecamatan dari 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Pasaman dihantam banjir dan longsor. Ratusan rumah terendam, puluhan hektar lahan pertanian warga yang rusak.

Dan sejumlan jembatan yang hanyut dan rusak akibat dihantam banjir sejak Selasa 9 Oktober 2018 hingga hari ini. Disamping itu ada tiga unit rumah yang hanyut terbawa banjir di Bonjol dan dihantam longsor di Kecamatan Dua Koto.

"Kita meminta seluruh data yang terdampak banjir dan longsor bisa dituntaskan segera mungkin. Sehingga jelas, pemerintah apakah akan menetapkan status bencana kabupaten atau ... Baca halaman selanjutnya