Ajak Masyarakat Gemar Membaca, Pemko Solok Kembali Gelar Library Fiesta

"Dengan membaca, maka otak akan tetap aktif dan membuatnya tidak mudah kehilangan ingatan dan masih banyak manfaat lainnya"
Wawako Solok Reinier, menggunting pita dan melepas balon tanda dibukanya Library Fiesta 2018 kota Solok (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Pemerintah Kota (Pemko) Solok sepertinya tak pernah bosan mengajak masyarakat untuk lebih gemar membaca, hal itu tercermin dari berbagai program yang kerap dilakukan bersama pihak terkait.

Salah satunya melalui Library Fiesta yang kembali digelar di kota Solok 17-19 September 2018 ini. Masyarakat terutamanya generasi muda, diajak untuk lebih familiar dengan perpustakaan.

Menurut Wakil Walikota (Wawako) Solok, Reinier, selain menjadi sarana dalam menambah wawasan dan pengetahuan, membaca memiliki segudang manfaat lainnya yang jarang disadari oleh masyarakat.

"Dengan membaca, maka otak akan tetap aktif dan membuatnya tidak mudah kehilangan ingatan dan masih banyak manfaat lainnya," sebut Wawako Reinier usai membuka Library Fiesta di Gedung Kubuang Tigo Baleh, Senin (17/9).

Untuk itu, tekan Reinier, kebiasaan membaca harus ditanamkan kepada anak sejak dini. Peran orang tua dan keluarga harus lebih menonjol dalam mengarahkan anak dalam memilih bacaan yang sesuai dengan usai kebutuhannya.

"Selain merangsang minat anak untuk gemar membaca, orang tua juga harus mengawasi apa yang dibaca oleh anak sebab apa yang dibaca dan dilihat oleh anak akan sangat berpengaruh pada sikap dan kepribadiannya," papar Reinier.

Apalagi, ditengah kemajuan teknologi saat ini, kebiasaan membaca lebih cendrung beralih dari perpustakaan ke Smartphone yang belum tentu tersaring dan layak dikonsumsi oleh generasi muda terutama kalangan anak-anak.

Sementara, di perpustakaan, koleksi buku dan bacaan yang ada sudah melalui tahapan penyortiran oleh pegawai yang ada sehingga tidak berpotensi berpengaruh buruk bagi perkembangan perilaku dan karakter anak.

"Kita ... Baca halaman selanjutnya