Gali Potensi Peternakan Sapi, Wawako Solok Ajak Keltan Belajar ke Daerah Lain

"Dalam kunjungan itu terungkap, tidak dibutuhkan areal lahan yang begitu luas untuk memelihara puluhan ekor sapi. "
Wawako Reinier bersama Kelompok Tani Ternak Kota Solok belajar pengembangan ternak sapi ke Tanah Datar dan Kabupaten 50 Kota (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Prospek usaha peternakan sapi yang cukup menjanjikan dalam pembangunan ekonomi masyarakat, membuat Pemerintah Kota (Pemko) Solok terus berupaya mendorong petani ternak dalam pengembangan usahanya.

Rabu (13/9) Wakil Walikota (Wawako) Solok Reinier bersama Kadis Pertanian Ikhvan Marisa membawa petani ternak kota Solok untuk studi tiru ke kelompok tani ternak Kubalikopi di Jorong Nan II Suku, Nagari Salimpaung, Kecamatan Salimpaung, Kabupaten Tanah Datar.

Setidaknya, dua Kelompok Tani Ternak kota Solok ikut diajak untuk menimba pengalaman diantaranya Kelompok Tani Ternak Elok basamo, Kelurahan Aro IV Korong sebanyak 7 orang, serta Kelompok Tani Ternak Bukit Gombak di Kelurahan Tanjung Paku sebanyak 7 orang.

Dalam kunjungan itu terungkap, tidak dibutuhkan areal lahan yang begitu luas untuk memelihara puluhan ekor sapi. Seperti yang dilakukan oleh Keltan Kubalikopi, dengan luas areal seperempat hektar saja sudah cukup untuk memelihara sekitar 65 ekor sapi.

Banyak hasil sampingan dari beternak sapi yang bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan lain. Salah satunya dari hasil penjualan kotoran sapi yang sebelumnya sudah diolah menjadi pupuk kompos.

Seperti diutarakan Kepala Bidang Produksi dan Quality Control Kelompok Kubalikopi, Yonnasri Malin, dari jumlah sapi yang dipelihara saat ini bisa menghasilkan nyaris 1 ton kotoran dalam sehari dan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi pupuk kompos.

"Dari hasil penjualan pupuk kompos saja sudah bisa menutupi seluruh biaya operasional kandang, bahkan malah berlebih sekitar 5 juta dalam tiap bulannya," Sebut Yonnasri sembari merincikan biaya operasional yang memakan biaya sekitar 15 juta per ... Baca halaman selanjutnya