Peringati Hari Pramuka, Wabup Pasama Pimpin Upacara Lomba Giat Prestasi Pramuka

"Giat lomba memperingati hari Pramuka, diikuti oleh 1.200 peserta utusan kwaran se Pasaman, mulai tingkat Siaga Sekolah Dasar sampai jenjang tingkat Pramuka Penegak SMA /sederajat"
Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama menyampaikan amanat Kamabicab (Ist)

PASAMAN, KLIKPOSITIF - Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama selaku Kamabicab Kwarcab Gerakan Pramuka 0308/Pasaman memimpin upacara pembukaan kegiatan lomba Giat Prestasi Pramuka hari Pramuka ke-57 Kabupaten Pasaman 2018 di lapangan Gelora Tuanku Imam Bonjol Lubuk Sikaping, Rabu 12 September 2018.

Giat lomba memperingati hari Pramuka, diikuti oleh 1.200 peserta utusan kwaran se Pasaman, mulai tingkat Siaga Sekolah Dasar sampai jenjang tingkat Pramuka Penegak SMA /sederajat.

Atos Pratama dalam amanatnya Kamabicab mengatakan, penyelenggaraan lomba tersebut untuk menumbuh-kembangkan minat generasi muda bergabung dalam gerakan pramuka.

Gerakan pramuka bertujuan membentuk karakter dalam membangun anak bangsa melalui penyelenggaraan budi pekerti dan latihan keterampulan dalam regu-regu kecil, atau sanggar yang dinamis yang ditanamkan nilai-nilai luhur bahwa setiap anggota pramuka mempunyai kesempatan, tanggungjawab dan kewajiban yang sama.

"Bagi anggota muda dan remaja, utamanya sebagai latihan untuk hidupnya dimasa depan, harus berani, mampu dan sanggup tampil sebagai pemimpin regunya dengan penuh tanggungjawab," jelasnya.

Menurut Atos, seorang pemimpin regu harus mampu menciptakan visi dan misi bersama yang akan dijadikan cita-cita dan andalan regu atau kelompoknya. Namun demikian latihan kepemimpinan dan ketangkasan pramuka dalam konsep yang ilmiah itu tidak diajarkan dalam bentuk teori dan hafalan falsafah yang rumit, akan tetapi dikembangkan antar kelompok dalam santai dan ceria.

"Proses seperti inilah yang dapat diterima dan menjadi daya tarik anak dan remaja. Proses saling belajar ini akan membuat suatu regu dapat kompak dan saling menghargai satu sama lain yang pada akhirnya timbul rasa saling mempercayai," ujarnya.

Dalam proses pendidikan dan pelatihan yang benar, seorang pramuka harus peduli terhadap sesamanya. Jika hal ini terus menerus diasah dengan sangat hati-hati sehingga kerelaannya ... Baca halaman selanjutnya