Gandeng Kemenristekdikti, Pemko Solok Terus Kembangkan Produk Minyak Atsiri

"Minyak Atsiri termasuk salah satu produk yang diharapkan bisa menjadi unggulan kota Solok, dan pengembangannya sudah dilakukan sejak 2009 lalu"
Dibantu Kemeristekdikti, Wawako Solok Reinier membuka pelatihan penguatan kapasitas petani minyak Atsiri kota Solok (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Menggandeng Kementrian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti), Pemerintah Kota (Pemko) Solok kembali menggelar workshop dan pelatihan bagi para pelaku usaha dan kelompok tani minyak Atsiri, Rabu (12/9) di Aula Balitbang Kota Solok.

Menurut Wakil Walikota (Wawako) Solok, Reinier, peningkatan kapasitas pelaku dan kelembagaan sangat perlu dilakukan agar petani bisa mengembangkan usahanya dan berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan.

"Minyak Atsiri termasuk salah satu produk yang diharapkan bisa menjadi unggulan kota Solok, dan pengembangannya sudah dilakukan sejak 2009 lalu," ungkap Reinier dihadapan puluhan petani serai wangi.

Program bantuan yang diberikan Kemeristekdikti melalui Balitbang kota Solok juga dimaksudkan untuk mewujudkan Peraturan Bersama Menrisetekdikti dan Mendagri Nomor 03 dan 36 Tahun 2012 tentang Penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDA).

Dengan begitu, diharapkan dapat meningkatkan daya saing produk unggulan kota Solok, salah satunya produk minyak Atsiri serai wangi yang telah banyak diusahakan di daerah penghasil beras ternama tersebut.

Peningkatan pemanfaatan produk unggulan darah diyakini dapat mampu membuka peluang usaha dan membuka lapangan kerja sehingga berdampak nyata pada penurunan angka kemiskinan kota Solok yang masih berkutat di angka 3 persen lebih.

Kedepannya, Reinier yakin, dengan adanya penguatan kapasitas pelaku usaha dan kelembagaannya melalui pelatihan dan workshop mampu mendorong semakin bertumbuhnya Usaha minyak Atsiri dan hasil turunannya yang juga bernilai ekonomi.

Sementara itu, Narasumber Dedi Suheryadi dari Balitro Bogor menjelaskan potensi ekonomi dari usaha minyak ... Baca halaman selanjutnya