Hadapi Tantangan Ekonomi Global, Kota Solok Pacu Bertumbuhnya UMKM

"banyak sektor ekonomi UMKM yang terus tumbuh dan berkembang di kota Solok"
Wawako Solok Reinier menekankan pentingnya peran Koperasi dan UMKM dalam membangun ekonomi daerah (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Mengajadapi tantangan ekonomi global, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki peran strategis dalam menopang pembangunan ekonomi daerah dan Nasional. Terbukti, UMKM menjadi salah satu sektor yang mampu bertahan ketika krisis ekonomi melanda.

Memanfaatkan keunggulan letak strategis daerah kota Solok, UMKM dibidang jasa dan perdagangan menjadi sektor yang paling patut dikembangkan. Tidak salah kiranya, kalau kota Solok menasbihkan diri sebagai kota perdagangan dan jasa sebagaimana tertuang dalam RPJPD 2005-2025.

Menurut Wawako Solok, Reinier, banyak sektor ekonomi UMKM yang terus tumbuh dan berkembang di kota Solok. Mulai dari UMKM yang bergerak di bidang pertanian, Peternakan hingga dibidang perdagangan.

"UMKM memiliki peran penting dalam pengembangan ekonomi. UMKM menjadi cikal-bakal lahirnya usaha-usaha besar," sebut Reinier disela peringatan Hari Koperasi ke 71 di Gedung Kubuang Tigo Baleh, Rabu (5/9).

Diakui Reinier, kurangnya permodalan dan akses pembiayaan menjadi kendala yang selama ini mengekang tumbuhnya UMKM. Ditambah lagi, minimnya SDM membuat sektor UMKM stagnan.

Untuk menerobos persoalan itu, Berbagai upaya terus dilakukan pemko Solok untuk merangsang bertumbuhnya UMKM. Penyediaan modal usaha dengan kredit lunak hingga bantuan pelatihan dan peralatan diharapkan memacu menjamurnya UMKM.

Peran lembaga penyedia permodalan perlu ditingkatkan. Akses terhadap modal usaha bagi pelaku UMKM harus dibuka selebar-lebarnya. Baik dari pihak perbankan, Koperasi hingga lembaga bantuan permodalan lainnya.

"Kita terus mendekatkan pelaku usaha dengan sumber permodalan, di kota Solok kita ada LP2EM untuk membantu masyarakat yang ... Baca halaman selanjutnya