Tingkatkan Daya Saing, Pengrajin Batik Kota/Kabupaten Solok Dibekali Bimtek

"belakangan Batik Minang yang mengusung kearifan lokal daerah dalam motifnya mulai mendapat tempat di hati pecinta batik"
Wako Solok Zul Eflian berdiskusi dengan Owner Rumah Batik Minang terkait pengembangan Batik (Ist)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Keseriusan Pemerintah kota Solok dalam mengembangkan produk kerajinan batik minang khas Solok mendapat respon dan dukungan dari berbagai pihak. Pengembangan Design dan Diversifikasi Batik Minang menjadi fokus kedepan.

Hal itu mengemuka saat Walikota (Wako) Solok Zul Elfian membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Design dan Diversifikasi Produk Batik Minang di Rumah Batik Minang Nagari Panyakalan Kabupaten Solok, Minggu (12/8).

Menurut Zul Elfian, belakangan Batik Minang yang mengusung kearifan lokal daerah dalam motifnya mulai mendapat tempat di hati pecinta batik. Geliat itu tidak saja dirasakan secara lokal kedaerahan namun juga secara nasional.

"Makanya kita terus menggali potensi batik sehingga lebih diminati pasar, pengembangan motif yang unik dan khas akan membuat batik yang dihasilkan punya nilai tersendiri dihati para pecinta batik," papar Zul Elfian.

Pihaknya juga sangat mengapresiasi inisiatif Rumah Batik Minang yang senantiasa bersemangat dalam mendorong para pengrajin baik di kota dan Kabupaten Solok agar mampu bersaing dalam merebut pasar batik nasional.

"Kita harus bisa menangkap peluang dari segmentasi pasar batik itu sendiri, orang sudah tahu, batik tidak hanya lagi akrab dengan Jawa tapi sudah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia termasuk wilayah Solok," motivasi Zul Elfian.

Diharapkannya, kerjasama lintas daerah tersebut dapat meningkatkan kualitas produk batik dari dua daerah yang bertali sejarah itu dan bisa berdampak positif terhadap peningkatan ekonomi pengrajin batik yang ada di kota dan Kabupaten Solok.

Bimbingan Teknis Pengembangan Design dan Diversifikasi Produk Batik Minang tersebut, ... Baca halaman selanjutnya